28 February 2022, 08:13 WIB

KAI Pastikan Layanan Berjalan Normal di Libur Isra Miraj


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
 ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Penumpang KRL berjalan setibanya di Stasiun Manggarai, Jakarta.

HARI ini, Senin (28/2), bertepatan dengan hari libur nasional yaitu peringatan Isra Miraj. Di akhir pekan panjang ini, KAI Commuter tetap melayani pengguna secara normal dengan protokol kesehatan ketat sebagaimana yang berlaku saat ini.

"KAI Commuter tetap mengoperasikan 1.005 perjalanan KRL Jabodetabek per hari yang dimulai pukul 04.00-22.00 WIB. Seluruh aturan dan protokol kesehatan juga tetap wajib diikuti seluruh pengguna," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangan resmi, Minggu (27/2).

Pengguna yang hendak memasuki area stasiun wajib menunjukkan sertifikat vaksin, mengikuti pengukuran suhu tubuh, dan menggunakan masker ganda. 

Baca juga: Mulai Hari Ini, KAI Commuter Uji Coba Rangkaian Kereta SF 12 di Loop Line

Para pengguna juga diimbau mencuci tangan sebelum dan sesudah naik KRL dengan memanfaatkan wastafel tambahan yang tersedia di seluruh stasiun.

Petugas senantiasa melakukan penyekatan di stasiun dan KRL apabila kondisi stasiun dan KRL sudah memenuhi kuota. 

Selain itu, pengguna diimbau juga untuk mengikuti marka yang telah disediakan. Untuk memaksimalkan protokol kesehatan, KAI Commuter juga terus berupaya menambah jumlah rangkaian KRL dengan formasi 12 kereta (SF 12) yang beroperasi.

"Mulai Sabtu (26/2) lalu, satu rangkaian KRL SF 12 telah diuji coba untuk mulai melayani pengguna di Loop Line (Bogor - Jatinegara PP) yang sebelumnya hanya dilayani kereta SF 8 dan SF 10. Uji coba pengoperasian tersebut akan tetap berlangsung pada libur Isra Miraj ini," ungkapnya.

Volume pengguna KRL dihari kerja pekan keempat Februari menunjukkan tren peningkatan dibanding pekan sebelumnya.

"Sepanjang hari kerja pekan keempat tercatat rata-rata volume pengguna KRL Jabodetabek sebanyak 413.577 pengguna per hari. Sementara pekan sebelumnya tercatat rata-rata 384.897 pengguna KRL," tutur Anne.

Mengingat beberapa hari terakhir di wilayah Jabodetabek turun hujan, KAI Commuter mengingatkan pengguna untuk membawa payung, jas hujan, dan tidak menggunakan alas kaki yang licin. Petugas kebersihan selalu siaga membersihkan stasiun dan KRL apabila terdapat genangan air dan lantai yang licin.

Bagi pengguna yang masih harus beraktivitas, dapat memanfaatkan KRL pada akhir pekan ini atau saat libur nasional esok untuk kembali ke wilayahnya tempat aktivitasnya.

Gunakan aplikasi KRL Access untuk merencanakan perjalanan dengan KRL agar terhindar dari potensi kepadatan di stasiun maupun di KRL. Gunakan juga Kartu Multi Trip (KMT) atau kartu uang elektronik bank untuk mengurangi penggunaan uang tunai dan mendukung upaya pemerintah dalam penerapan cashless society. (OL-1)

BERITA TERKAIT