21 February 2022, 19:03 WIB

Cegah Penularan Covid-19, Prudential Indonesia Buka Sentra Vaksinasi Booster


mediaindonesia.com | Megapolitan

Ist
 Ist
 Sentra vaksinasi covid-19 booster dari Prudential Indonesia dilaksanakan di RPTRA Taman Mandala Tebet Timur, Jakarta. 

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) melanjutkan perwujudan komitmennya untuk mendukung pemerintah Indonesia meningkatkan cakupan vaksinasi dengan meluncurkan sentra vaksinasi dosis lanjutan (booster) covid-19.

Bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta, sentra vaksinasi Prudential Indonesia berlokasi di RPTRA Taman Mandala Tebet Timur dan dibuka untuk masyarakat umum yang berdomisili di DKI Jakarta.

Beroperasi selama satu bulan, mulai 21 Februari hingga 21 Maret 2022, sentra vaksinasi dibuka dari Senin hingga Kamis untuk vaksin booster dan Jumat untuk vaksin dosis 1 dan 2, kecuali hari libur nasional, mulai pukul 08.30 WIB hingga 12.30 WIB. 

Chief Operations and Health Officer Prudential Indonesia, dr. Dian Budiani, mengatakan, “Masyarakat Indonesia saat ini dihadapkan pada lonjakan kasus yang didominasi varian Omikron.

"Salah satu strategi pemerintah untuk menekan angka penularan kasus adalah dengan mempercepat laju vaksinasi guna melindungi masyarakat dari risiko paparan covid-19," kata dr.Dian dalam keterangan pers, Senin (21/2).

"Pembukaan sentra vaksinasi booster ini menjadi wujud komitmen perusahaan dalam mendukung program pemerintah sekaligus untuk membantu masyarakat Indonesia agar dapat hidup lebih sehat dan sejahtera,” jelasnya

Sentra vaksinasi Prudential Indonesia menargetkan 200-350 orang setiap harinya selama satu bulan penuh dan menyediakan dua jenis vaksin, yaitu Pfizer dan AstraZeneca, sesuai dengan ketersediaan dari Puskesmas Tebet.

Saat ini, masyarakat dapat mendaftar melalui aplikasi Jakarta Kini (JAKI) dan tersedia juga via bit.ly/registrasiboosterPRU.

Data Kemekes menunjukkan kasus konfirmasi harian per Minggu (20/2) di posisi 48.484, turun cukup signifikan dari posisi tertinggi pada (16/2) yang sempat di angka 64.718.

Meskipun demikian, kasus aktif covid-19 nasional per Minggu (20/2) mengalami kenaikan menjadi 536.358, naik dari hari sebelumnya 520.910.

Penambahan kasus aktif harian ini sedikit melambat dari periode-periode sebelumnya, sehingga peningkatan angka pasien yang masuk rumah sakit sebesar satu persen di Minggu (20/2) menjadi 38% dari hari sebelumnya 37%. 

Untuk mencapai kekebalan komunal (herd immunity) secepatnya, pemerintah mengakselerasi program vaksinasi, termasuk vaksinasi booster. Berdasarkan data cakupan vaksinasi COVID-19 hingga Minggu (20/2) pukul 18.00 WIB, 189.658.351 penduduk (91,07%) telah mendapat dosis 1, dan 140.311.077 penduduk (67,37%) telah mendapat vaksinasi dosis 2. Sementara itu, hingga kemarin, tercatat 8.459.050 atau 4,06% target vaksinasi telah mendapatkan vaksinasi booster.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti, M.KM, mengatakan, "Di tengah meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan covid-19, penting bagi pemerintah untuk terus mempromosikan manfaat vaksinasi covid-19 untuk melindungi masyarakat, khususnya kelompok lansia dan individu dengan komorbid, agar terhindar dari risiko terburuk jika terpapar covid-19."

"Vaksinasi terbukti efektif melindungi masyarakat dari risiko tersebut dan kami terus berupaya meningkatkan cakupan vaksinasi booster. Kami sangat mengapresiasi kerja sama dan kontribusi yang telah ditunjukkan berbagai pihak di tengah kondisi pandemi covid-19," kata Widyastuti.

Strategi kolaborasi Pentahelix antara dinas Kesehatan dengan pemerintah pusat, akademisi, komunitas, media dan juga pengusaha swasta dari berbagai sektor seperti Transportasi, UMKM, perusahaan Start up, termasuk sektor asuransi dan perbankan.

Salah satunya Prudential Indonesia dengan membuka sentra vaksinasi dan memberikan akses bagi masyarakat umum, memiliki peran penting terhadap upaya pemerintah mencapai target sasaran vaksinasi booster covid-19, serta membangun optimisme bagi kita semua menuju Indonesia sehat dan kuat.”

Prudential Indonesia juga membuka sentra vaksinasi di Kecamatan Soreang dan Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung, yang beroperasi pada 25 Oktober-5 November dan 15-26 November 2021. Sepanjang 2021, Prudential Indonesia telah membantu memberikan lebih dari 51.000 dosis vaksin covid-19.

“Sejalan dengan tujuan perusahaan membantu masyarakat Indonesia memperoleh yang terbaik dalam hidup, kami akan senantiasa mendukung program-program pemerintah, salah satunya dalam menangani pandemi ini, sehingga kita dapat segera pulih dan masyarakat Indonesia tetap terlindungi,” tutup dr. Dian. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT