14 February 2022, 15:05 WIB

Jadi Rujukan Isolasi Pusat Covid-19, TMII Tetap Buka untuk Umum


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

ANTARA
 ANTARA
Tokoh pewayangan kera putih Hanoman bermasker saat berlangsungnya simulasi normal baru di TMII, Jakarta, Kamis (4/5/2020). 

MESKI tengah direvitalisasi dan jadi rujukan isolasi terpusat bagi pasien Covid-19, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, masih dibuka untuk umum. Jalur pengunjung dengan pasien yang akan diisolasi pun terpisah, sehingga para pengunjung diminta tidak perlu khawatir. 

"Masih tetap buka. Semenjak covid-19 Graha Wisata TMII diijadikan tempat isolasi pasien orang tanpa gejala covid-19 dan sekarang pasien omikron, jalur ambulan diberikan akses khusus menuju Graha Wisata TMII," kata Direktur Eksekutif TMII I Gusti Putu Ngurah Sedana dikutip laman resmi Kementerian BUMN, Senin (14/2). 

Baca juga: Sutradara Film Ghostbusters Ivan Reitman Meninggal Dunia

Pembukaan tempat wisata itu menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan sesuai dengan regulasi yang ada, yakni pemberlakuan 25% dari kapasitas pengunjung. 

Sementara itu, untuk jalur kedatangan pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman) di Graha Wisata TMII dipastikan berbeda dengan pengunjung. Lokasi isolasi terpusat juga dikatakan mendapat penjagaan dari petugas. 

Kemudian, Putu menyampaikan, alasan lain tempat rekreasi di TMII belum ditutup disebabkan adanya revitalisasi kawasan tersebut untuk mendukung Presidensi G20 tahun ini.

"Adapun wahana yang bisa dikunjungi yakni di Taman Burung, Museum Komodo, Dunia Air Tawar, Taman Legenda, anjungan dan museum," jelasnya.

Sebagai informasi, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) direvitalisasi sejak Januari 2022 untuk venue Presidensi G20. Ini tertuang dalam Perpres Nomor 116 Tahun 2021, konsep yang diusung ini bakal bernama Indonesia Opera. Di mana nantinya TMII bakal bertransformasi menjadi The Ultimate Showcase of Indonesia.

Di satu sisi, lonjakan kasus terkonfirmasi Covid-19 membuat Graha Wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur dilaporkan terus kedatangan pasien. Kepala Unit Graha Wisata TMII, Yayang Kustiyawan mengatakan pada Sabtu (12/2), tercatat puluhan pasien terkonfirmasi Covid-19 menjalani isolasi di Graha Wisata TMII.

Pada Senin (7/2), tempat itu kembali dibuka jadi tempat isolasi khusus pasien covid-19 tanpa gejala yang tidak bisa menjalani isolasi di rumah. Pasien terkonfirmasi covid-19 yang dibawa ke Graha Wisata TMII berdasarkan rujukan masing-masing Puskesmas Kecamatan di DKI Jakarta, sehingga tidak hanya warga Jakarta Timur.

"Sudah menampung sekitar 41 orang dari total kapasitas 100 tempat tidur. Kita persiapan jadi masih tersedia 59 tempat tidur lagi," ungkapnya. (OL-6)

BERITA TERKAIT