27 January 2022, 08:51 WIB

Cegah Omikron, SMPN 7 Kota Bekasi Lakukan Tes Swab Antigen


Rudi Kurniawansyah | Megapolitan

ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
 ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Ilustrasi

Demi mengantisipasi penularan dan pelacakan virus Covid-19 serta varian Omikron dalam proses pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas, para guru dan staf beserta para pelajar SMPN 7 Kota Bekasi menggelar tes swab antigen secara acak.

Kepala SMPN 7 Kota Bekasi Sukamto mengatakan tes swab dilakukan kepada guru, staf yang terdiri dari tata usaha, petugas kebersihan, keamanan dengan total 59 orang. Kemudian Siswa dan siswi dengan sampling sebanyak 30 orang. "Kegiatan ini berlangsung sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kota Bekasi," kata Sukamto, Kamis (27/1).

Sukamto menjelaskan dalam kegiatan itu sekolah bekerja sama dengan Puskesmas Perumnas II Kayuringin Jaya. "Sesuai dengan yang diinfokan tim puskesmas hasilnya akan keluar sekitar 1-2 hari karena perlu dicetak terlebih dahulu bukti tesnya," ujar Sukamto.

Ia mengungkapkan, dengan dilakukannya tes swab tersebut, pihaknya dapat mendeteksi ada atau tidaknya penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah. Selain itu juga sebagai evaluasi untuk pelaksanaan PTM terbatas yang aman.

"Sampai sejauh ini, PTM terbatas di SMPN 7 masih berjalan dengan sistim pagi dan siang. Masing-masing sesi diikuti 50% Siswa/i. Mudah-mudahan jika semua Siswa/i sudah 100% divaksin dosis lengkap dan perkembangan Covid-19 semakin baik di kemudian hari, PTM dapat dilakukan kembali seperti sediakala, dan tetap menuruti arahan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah," ungkap Sukamto. (OL-12)

BERITA TERKAIT