25 January 2022, 16:27 WIB

Polisi Cegat Sabu Cair Asal Meksiko Masuk Jakarta


Sumantri | Megapolitan

MI/Bary Fathahilah.
 MI/Bary Fathahilah.
Ilustrasi sabu cair dalam bola mainan. 

SABU cair sebanyak empat liter yang dikirim dari Meksiko ke Jakarta melalui jasa penitipan barang internasional di Bandara Soekarno Hatta disita petugas Polres Metro Tangerang Kota. Selain itu, petugas menangkap RK, 28, warga Kampung Sepatan Tengah, Kabupaten Tangerang, Banten, yang menerima barang tersebut di Jalan Kamal Raya, Cengkareng, Jakarta Barat.

Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan, Selasa (25 /1), penangkapan terhadap RK dengan barang bukti sebanyak 12 botol yang delapan di antaranya berisi sabu cair seberat empat liter berawal dari informasi masyarakat. Dengan begitu, kata Endra, petugas melakukan observasi dan pemantauan secara terus menerus terhadap barang terlarang itu. 

Pada Senin (17/1) sekira pukul 15.00 WIB, petugas melihat seseorang yang akhirnya diketahui berinisial RK mengambil barang tersebut. Setelah dibuntuti, tambahnya, RK yang mengendarai sepeda motor warna putih langsung dihentikan di Jalan Kamal Raya, Cengkareng, Jakarta Barat. Begitu diperiksa, di dalam boks yang dibawa RK didapat sebanyak 12 botol cairan.

"Dari 12 botol cairan itu, delapan di antaranya mengandung methamphetamine atau sabu seberat empat liter. Sedangkan empat botol lain mengandung isopropil atau bukan sabu," kata dia.

Di hadapan petugas, kata Endra, RK mengaku mendapatkan kiriman barang tersebut dari salah seorang di Meksiko. Rencananya, kata dia, barang itu akan diproses untuk dijadikan kristal dan dipasarkan di Jakarta. "Menurut pengakuan RK, barang itu akan dioplos dengan alkohol dan etanol serta bahan kimia lain untuk dijadikan kristal sabu," kata dia.

Baca juga: Sabu akan Diedarkan untuk Wisatawan Berpesta di Pulau Seribu

Dari empat liter sabu cair itu, kata Endra, setelah diproses, bisa menjadi 16 kg sabu kristal. Kasus ini masih terus dikembangkan. "Kami bekerja sama dengan Interpol untuk mengungkap jaringan tersebut," kata dia (OL-14)

BERITA TERKAIT