16 January 2022, 13:22 WIB

Bamsoet Minta Ketua DPRD DKI Tak Tolak Ancol Jadi Sirkuit Formula E


 Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Megapolitan

MI/VICKY GUSTIAWAN
 MI/VICKY GUSTIAWAN
 Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo memberikan cendera mata kepada Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadli Imran

KETUA Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo meminta Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi agar Ancol bisa menjadi sirkuit untuk gelaran Formula E 2022.

Hal itu diungkapkan Bambang yang juga Ketua MPR RI saat mendatangi langsung ajang balapan atau street race inisiai Polda Metro Jaya di Ancol, Jakarta Utara, Minggu (16/1).

"Mudah-mudahan nanti tidak keberatan kalau Formula E ada di Ancol ini," papar pria yang akrab disapa Bamsoet itu, Minggu (16/1).

Sementara itu, Bamsoet juga menuturkan pihaknya akan terus melakukan pengarahan atau pendidikan untuk para pembalap.

"Agar dalam mengemudi balap itu diutamakan adalah unsur keselamatan dan langkah Kapolda ini untuk merangkul, melakukan edukasi, dan pendekatan yang baik serta humanis," terangnya.

"Jadi bukan pendekatan yang represif, bukan main tangkap tapi kita sebagai orang tua kali ini yang kita hadapi anak-anak kita sendiri," tambahnya.

Ia pun meminta agar ajang street race Polda Metro Jaya ini bisa menjadi contoh bagi Polda-Polda diseluruh Indonesia.

Hal ini bertujuan agr angka kecelakaan terus berkurang dan bisa menemukan bibit-bibit pembalap baru dari seluruh Tanah Air.

"Jadi tugas kita ini, terutama pak Kapolda untuk menemukan bibit  daripada para pembalap kalau nanti kalian menemukan jiwa di sini, teruskan, lanjutkan," ungkapnya.

Sebelumnya, Polsa Metro Jaya resmi menggelar balapan jalanan atau “Street Race” di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Minggu (16/1).

Dari pantauan Media Indonesia, panitia terlihat telah memasang pembatas, garis, dan lampu start, hingga tenda.

Sempat diguyur hujan, balapan ini digelar terbuka untuk penonton dan dimulai pukul 07.00 WIB pagi hingga 15.00 WIB.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menyebut ajang balapan kali ini diikuti oleh 350 pembalap.

Balapan ini bakal diikuti beberapa kelas, yakni matic empat, sport dua tak, kelas sunmori, bebek dua tak, bebek 4 tak, kelas FFA, sport 4 tak, dan kelas vespa.

"Ada sekitar 350 pembalap akan mengikuti latihan balap jalanan bersama komunitas "street race" di Ancol yang dibagi ke dalam beberapa kelas," ungkap Sambodo. (Ykb)

BERITA TERKAIT