07 January 2022, 16:29 WIB

Didukung Dinkes DKI, RS Premier Jatinegara Gelar Sentra Vaksinasi Anak


mediaindonesia.com | Megapolitan

Ist
 Ist
Rumah Sakit Premier Jatinegara (RSPJ) melaksanakan Sentra Vaksinasi Anak di Lokasi RSPJ, jakarta.

RUMAH Sakit Premier Jatinegara (RSPJ) membuka Sentra Vaksinasi Anak dalam rangka mendukung program pemerintah untuk percepatan program vaksinasi bagi anak anak di masa pandemi Covid-19.

Selama pandemi Covid-19 anak-anak terkendala dalam memenuhi jadwal vaksinasinya, sehingga dikhawatirkan dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak bahkan bisa menyebabkan wabah lain selain Covid-19.

Sentra Vaksinasi Anak yang diresmikan Direktur RS Premier Jatinegara (RSPJ) dr. Susan Ananda, MARS, pada Kamis (6/1) dan dihadiri perwakilan dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Kemendikbudristek, dan Perhimpunan Kedokteran Wisata Indonesia (Perkedwi).

Dalam keterangan tertulis, Jumat (7/1), dr, Susan Ananda mengatakan Sentra Vaksinasi Anak bertujuan agar anak-anak dapat mengejar jadwal imunisasinya.

"Selain melayani vaksinasi untuk Covid-19 bagi anak-anak sekolah, sentra vaksinasi juga membuka layanan untuk mengejar imunisasi dasar lengkap, imunisasi BIAS atau imunisasi anak sekolah (difteri, campak dan tetanus )," katanya.

"Ataupun anak-anak yang memerlukan vaksinasi tambahan sebagai persiapan kembali sekolah secara tatap muka. vaksinasi tambahan yang disediakan antara lain yaitu vaksin flu, pneumonia, hepatitis A, Rota virus, dan lain-lain," paparnya.

Pada Acara tersebut juga dilakukan penandatanganan kerja sama antara RS Primer Jatinegara dengan Perkedwi.

Melalui kerja sama, RS Premier Jatinegara sebagai salah satu rumah sakit yang berpartisipasi dalam program wisata kesehatan medis di Indonesia, dengan empat layanan unggulan yaitu cardiac & cardiac surgery, neuro & neuro Surgery, digestive surgery, dan urology surgery.

Vaksinasi Covid-19 untuk anak

Sementara itu, Sentra Vaksinasi Anak dilaksanakan di klinik anak sehat di mana lokasi tersebut berada di area hijau RS Premier Jatinegara.

Area hijau itu sendiri merupakan area dengan protokol keamanan dan kenyamanannya sudah dijaga serta sangat aman dan nyaman untuk anak-anak.

"Di RS Premier Jatinegara, kita pisahkan klinik anak sehat dengan klinik anak sakit di dua area yang berbeda, demi kenyamanan anak anak," kata dr.Susan. 

Untuk menerapkan social distancing dan juga kenyamanan anak pada saat anak menerima vaksinasi, Sentra Vaksinasi Anak di Rumah Sakit Premier Jatinegara dibatasi hanya 100–150 anak setiap harinya.

"Waktu pelayanan Senin sampai denga Sabtu pukul 10.00 sampai dengan 17.00 WIB, kami bersyukur mendapatkan dukungan dari Dinkes Provinsi DKI Jakarta , sehingga program vaksinasi ini dapat dimanfaatkan anak–anak di DKI Jakarta," ujar dr. Levina Avissa selaku Manajer Operasional RS Premier Jatinegara.

Cara mendaftarkan diri untuk vaksinasi anak bisa melalui link yang sudah disediakan oleh Sentra Vaksinasi Anak atau bisa melalui scan barcode, setelah mendaftar orang tua akan dihubungi oleh call center untuk menerima jadwal vaksinasi.

"Melalui Sentra Vaksinasi Anak, diharapkan anak-anak mendapatkan kekebalan tubuh yang sempurna terutama pada masa pandemi Covid-19 ini agar anak-anak sehat dan aktif, sehingga dapat kembali ke aktivitas semula dan orang tua tidak perlu khawatir karena kekebalan tubuh anak-anaknya sudah terpenuhi," papar dr.Levina. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT