31 December 2021, 15:00 WIB

RPTRA dan Taman di Jakpus Tutup Saat Libur Tahun Baru


Hilda Julaika | Megapolitan

ANTARA/Indrianto Eko Suwarso
 ANTARA/Indrianto Eko Suwarso
Iustrasi RPTRA

SEBANYAK 154 ruang terbuka publik di Jakarta Pusat ditutup pada Jumat (31/12) hingga Sabtu (1/1). Ratusan ruang terbuka publik yang terdiri dari 104 Ruang Terbuka Hijau (RTH)/taman dan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) tersebut kembali dibuka mulai Minggu (2/1) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat, Mila Ananda, mengatakan penutupan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kerumunan di RTH.

Baca juga: PSI Pertanyakan Kajian Pemilihan Lokasi Sirkuit Formula E

"Sebelum pandemi, warga biasanya merayakan malam pergantian tahun di RTH. Tapi karena saat ini masih pandemi, petugas nanti secara mobile akan menjaga taman untuk mencegah aktivitas warga di RTH," ujar Mila dalam keterangan resminya, Jumat (31/12).

Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Sudin Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Jakarta Pusat, Bangun Manalu menambahkan, pihaknya juga menutup RPTRA pada libur tahun baru atau mulai Jumat (31/12) sampai Sabtu (1/1). Meski tutup, namun pengelola RPTRA tetap bertugas seperti biasa untuk melakukan perawatan sekaligus pengamanan fasilitas.

"Ada 50 RPTRA di Jakarta Pusat dan kami lakukan penutupan saat libur tahun baru. Kami pastikan tidak ada kegiatan apapun saat dilakukan penutupan. Ini untuk mencegah adanya kerumunan warga," katanya.

Dia menambahkan, operasional RPTRA akan kembali dibuka pada Minggu (2/1) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. (OL-6)

BERITA TERKAIT