28 December 2021, 22:24 WIB

Anies Copot Direktur Operasional Transjakarta


Selamat Saragih | Megapolitan

MI/ANDRI WIDIYANTO
 MI/ANDRI WIDIYANTO
 Bus Transjakarta menabrak separator busway di kawasan Bundaran Senayan, Jakarta.

GUBERNUR DKI Jakarta, Anies Baswedan, resmi mencopot jabatan Direktur Operasional PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), Prasetia Budi.

Saat dikonfirmasi pencopotan jabatan itu kepada Plt Kepala Badan Pembina BUMD DKI Jakarta Riyadi, dia membenarkan. "Benar beliau diberhentikan."

"Iya betul dicopot (dari jabatan)," ujar Riyadi saat dihubungi di Jakarta, Selasa (28/12).

Riyadi mengatakan, Prasetia Budi disebut akan digantikan M Indrayana, sosok yang pernah mengisi jabatan Direktur Operasi Hutama Karya.

Keputusan mengganti Prasetia Budi tersebut, ujar Riyadi, merupakan hasil evaluasi panjang untuk meningkatkan kinerja PT Transjakarta.

"Ini hasil evaluasi panjang ya, setelah melalui evaluasi untuk mendorong peningkatan kinerja dan kualitas layanan perlu ada penyegaran," ujar Riyadi.

Dia juga menyebut pencopotan Direktur Operasional Transjakarta tidak memiliki kaitan langsung atas rentetan kecelakaan yang terjadi.

Termasuk rekomendasi dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) yang hanya merekomedasikan aspek teknis dan keselamatan.

"KNKT tidak merekomendasikan person ya, KNKT cuma merekomendasikan aspek teknis, keselamatan. Jadi KNKT tidak merekomendasikan ganti ini ganti itu ya, enggak," ujarnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT