26 December 2021, 11:10 WIB

Polda Metro Jaya: Tak Ada Kepadatan Lalin saat Libur Natal 2021


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Megapolitan

dok.Ant
 dok.Ant
Sejumlah kendaraan melintas di jalur "contra flow" di jalan Tol Jagorawi, Jakarta Timur, Jumat (24/12/2021).

POLDA Metro Jaya memastikan arus lalu lintas saat hari Natal 2021 pada Sabtu (25/12) berjalan lancar tanpa hambatan. Hal itu bisa terlihat dari lalu lintas di empat ruas jalan tol ke luar Jakarta yang terpantau lancar.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menyebut pihaknya sudah melakukan pemantauan di empat ruas tol arah keluar-masuk Jakarta.

Keempat ruas Tol, yakni Tol Tangerang-Merak, Tol Bogor-Ciawi-Cigombong, Tol Cikampek-Palimanan-Kanci, dan Tol Cikampek-Padalarang-Cileunyi.

Dari pantauan,  tak ada kepadatan lalu lintas sejak Jumat (24/12) malam hingga Minggu (26/12) dini hari.

"Suasana tol masih landai, tidak ada kenaikan berarti, kenaikan paling 10 sampai 13 persen dari arus normal, tapi tidak ada kepadatan," papar Sambodo, Minggu (26/12).

Sambodo mengemukakan kepadatan lalu lintas hanya sempat terjadi di Tol KM 48 Gerbang Tol Kalihurip Utama arah Tol Trans Jawa dan Bandung. Kepadatan lalu lintas pun bukan karena kenaikan volume kendaraan namun akibat adanya gangguan.

Sambodo mengemukakan di Tol Jagorawi arah Puncak terpantau masih sepi meskipun sudah memasuki hari H libur natal. Maka, situasi lalu lintas jelang  tahun baru 1 Januari 2022 diprediksi akan landai.

Namun, lanjut Sambodo, pihaknya tetap melakukan arus balik Nataru, sekitar 900 personel Lantas akan dikerahkan dalam pengamanan natal dan tahun baru. "Kami siapkan 900 personel untuk pengamanan Nataru 2022," pungkas Sambodo. (OL-13)

Baca Juga: Pembatasan Pengunjung di Taman Margasatwa Ragunan

BERITA TERKAIT