22 December 2021, 17:00 WIB

Jelang Nataru, Polda Metro Bakal Tutup Kawasan Sudirman Hingga Kemayoran


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Megapolitan

Ist
 Ist
Gerbang Kemayoran, Jakarta Pusat, yang akan menjadi kawasan smart city.

POLDA Metro Jaya bakal menutup beberapa kawasan di DKI Jakarta guna menghindari terjadinya kerumunan saat Natal dan tahun baru 2022. 

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Kombes Sambodo Purnomo Yogo menuturkan pihaknya akan menutup kawasan Sudirman-Thamrin, Gunawarman, Senopati, SCBD, hingga Kemayoran. 

Baca juga: Penghasilan Ajang Balap Formula E Bakal Dimasukan ke PAD DKI

"Kemudian kawasan di Menteng itu kalau dilihat termasuk Sabang dan Cikini Raya, kemudian Kemayoran, Asia Afrika, Bulungan, Barito dan sekitarnya," ujar Sambodo, Rabu (22/12). 

Sambodo menjelaskan bahwa penutupan kawasan atau Crowd Free Night (CFN) bakal diberlakukan pada 31 Desember atau malam tahun baru saja. 

Sementara itu, sesuai dengan aturan Pergub 3/2021, kafe, resto dan beberapa tempat umum lainnya boleh buka sampai pukul 22.00 WIB. 

"Misalnya di SCBD kita tutup jam 22.00 WIB, orang keluar sudah tidak boleh masuk, nanti yang dari dalam akan disuruh keluar," tegasnya. 

Nantinya, lanjut Sambodo, bakal ada petugas yang menyisir satu per satu kafe restoran utnuk tutup pada waktunya. 

Hal itu dilakukan agar ketika malam pergantian tahun pukul 24.00 WIB bisa memastikan kafe dan restoran sepi pengunjung. 

"Sehingga tidak terjadi perayaan malam tahun baru yang memungkinkan terjadinya penularan covid-19. Jadi tidak ada juga pesta kembang api di jalan. Penutupan jalan dilakukan pada tanggal 31 Desember malam saja," pungkasnya. (OL-6)

BERITA TERKAIT