21 December 2021, 17:53 WIB

Pembatasan Mobilitas untuk Antisipasi Penyebaran Omicron


Budi Ernanto | Megapolitan

ANTARA
 ANTARA
endaraan melintas saat pemberlakukan pengendalian mobilitas ganjil-genap di Jalan Pintu 1 TMII, Jakarta Timur, Sabtu (18/9/2021).

POLDA Metro Jaya telah mempersiapkan berbagai langkah untuk bisa membantu pemerintah mengantisipasi penyebaran covid-19 jelang masa liburan akhir tahun.

Menurut Kepala Polda Metro Jaya Inspektur Jenderal Fadil Imran, langkah-langkah yang diterapkan berdasarkan arah kebijakan pemerintah. Selain itu juga dengan melihat data terkini terkait kasus covid-19, khususnya varian Omicron.

"Ada beberapa langkah misalnya lakukan pembatasan di tempat umum, seperti mal, pasar, dan tempat-tempat yang biasa terjadi kerumunan," terang Fadil kepada Media Indonesia, Selasa (21/12).

Baca juga: Jangan Kendur Hadapi Omicron

Selain itu, antisipasi juga dengan upaya berbasis komunitas. Fadil menerangkan bahwa RT dan RW di setiap wilayah Ibu Kota akan dikerahkan untuk mengontrol mobilitas dan kesehatan masyarakat.

Pengurus RT dan RW diminta pula untuk mengingatkan warganya agar cepat mendapatkan vaksin. "Lalu jika pulang bepergian, kan boleh pergi-pergi asalkan patuh aturan bepergian, itu dikontrol juga," lanjut Fadil.

Sementara untuk pengamanan, jenderal bintang dua itu juga mengatakan bakal menggelar sejumlah operasi, pengerahan, dan penempatan personel di titik-titik penting. Tindakan itu menurutnya rutin dilakukan sejak sebelum masa liburan akhir tahun. (Beo)

BERITA TERKAIT