14 December 2021, 15:45 WIB

Para Siswa SD Jalani Vaksinasi Covid-19 di Jakarta Selatan


Rahmatul Fajri | Megapolitan

ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
 ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Tenaga kesehatan (kanan) menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada pelajar di SDN Cempaka Putih Timur 03, Jakarta, Selasa (14/12).

PULUHAN anak-anak usia 6 hingga 11 tahun menjalani vaksinasi Covid-19 di SDN Kebayoran Lama Utara 03, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa (14/12).

Dari pantauan Media Indonesia, puluhan anak tersebut tampak mengenakan seragam merah putih Sekolah Dasar (SD). Sebelum divaksinasi, para siswa menjalani skrining kesehatan.

Setelah dinyatakan boleh divaksinasi, para siswa disuntik sambil didampingi oleh orang tua masing-masing-masing.

Para vaksinator tampak berbincang-bincang untuk membuat para siswa nyaman.

Beberapa siswa tampak tenang saat disuntik, tetapi tak sedikit pula yang menangis, menutup wajah, dan memeluk orangtuanya lantaran takut disuntik.

Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin mengatakan jumlah anak usia 6-11 tahun yang akan menjalani vaksinasi di wilayahnya sekitar 242 ribu anak. Munjirin mengaku belum bisa menentukan kapan vaksinasi untuk anak tersebut akan rampung.

"Di Jaksel itu seluruh anak-anak usia 6-11 tahun jumlahnya 242.000, setelah kick off ini nanti kita akan rapatkan kembali untuk melakukan gerakan selanjutnya," kata Munjirin.

Meski demikian, ia mengatakan pihaknya saat ini menargetkan 50 anak berusia 6-11 tahun di setiap kecamatan di wilayah Jakarta Selatan akan disuntik vaksinasi Covid-19.

Munjirin mengakui bahwa target vaksinasi 50 anak per hari di setiap kecamatan itu masih sedikit. Namun, pihaknya menilqi target itu realistis, karena vaksinasi untuk anak-anak harus hati-hati dan mengutamakan kesehatan mereka.

"Anak ini juga dalam screening yang didampingi orangtua. Belum tentu nanti (kondisi) anak-anak menggambarkan keadaan kesehatan yang sesungguhnya. Jadi ini memerlukan waktu tersendiri dalam melakukan screening," kata Munjirin.(Faj/OL-09)

BERITA TERKAIT