09 December 2021, 18:13 WIB

Pasar Cisalak Kota Depok Raih Sertifikat SNI Kemendag RI


Kisar Rajagukguk | Megapolitan

MI/Kisar Rajagukguk
 MI/Kisar Rajagukguk
Pasar Cisalak Kota Depok mendapatkan sertifikat SNI

PASAR Cisalak Kelurahan Cisalak Pasar, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok meraih anugerah Standar Nasional Indonesia (SNI) tingkat nasional yang diberikan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (Kemendag RI).

Kepala Tata Usaha Pasar Cisalak, Budi Haryanto mengatakan,  Pasar Cisalak meraih sertifikasi SNI karena telah memenuhi persyaratan.

Persyaratan dimaksud yaitu, sertifikat tanah pasar, ijin mendirikan bangunan (IMB) bangunan Pasar, fasilitas fisik gedung.

Lainnya, tersedianya fasilitas untuk difabel, klinik kesehatan, ruang menyusui, pantauan keamanan via CCTV, lift, pos ukur ulang untuk timbangan belanja. Termasuk juga fasilitas sosial yaitu, paguyuban pedagang.

Dengan terpenuhinya persyaratan ini, katanya, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia  menyatakan Pasar Cisalak telah memenuhi persyaratan sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) Pasar Rakyat tingkat nasional.

Raihan sertifikasi SNI ini, menurutnya adalah  berdasarkan hasil audit sertifikasi pasar rakyat yang dilakukan di Pasar Cisalak oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

“Berdasarkan hasil audit sertifikasi, Pasar Cisalak dinyatakan sebagai Pasar Rakyat Tipe 1 dengan Mutu 1. Dengan kata lain, telah memenuhi persyaratan SNI Pasar Rakyat tingkat nasional, " kata Budi Haryanto, Kamis (9/12).

Ia mengharapkan, kedepannya Pasar Cisalak sebagai pasar  tipe 1 yang memiliki lebih 750 pedagang, mampu menjadi rumah ekonomi dan rumah budaya Indonesia yang memiliki daya saing.

Disisi lain, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Depok Median Z, memaparkan pemberian sertifikat SNI ke Pasar Cisalak merupakan bukti bahwa Pasar Cisalak telah menerapkan SNI secara konsisten.

"Pemerintah Daerah, Dinas Perdagangan, dan Perindustrian,  Pengelola Pasar, dan pedagang berkomitmen menjaga konsistensi mutu pasar secara berkelanjutan sekaligus menjadi contoh bagi pasar lainnya untuk menerapkan SNI Pasar rakyat,” tandas Median.

Median menjelaskan, tahun 2021, tujuh pasar rakyat di berbagai kabupaten dan kota di Indonesia meraih anugerah SNI yang diberikan oleh Wamendag RI Jerry Sambuaga.

Penganugerahan SNI untuk pasar tradisional diselenggarakan di Kota Pasar Panjang, Sumatra Barat, Rabu (8/12/2021).

Penganuerahan tersebut karena inisiatif ketujuh pasar rakyat dalam memberikan fasilitas esensial bagi pedagang dan pengunjung pasar, seperti fasilitas kesehatan, kebersihan, keamanan, dan lain sebagainya.

Penerima sertifikat SNI Pasar Rakyat 2021 yakni Pasar Cisalak, Kota Depok, Pasar Pusat Kota Padang Panjang, Pasar Bantung di Kota Banjar Baru, Pasar Gentan di Kabupaten Sleman, Pasar Gunung Batu di Kota Bogor, Pasar Gantung di Kabupaten Belitung Timur, dan Pasar Padd’s Market di Kota Kendari (OL-13)

BERITA TERKAIT