09 December 2021, 14:45 WIB

Armada Sering Kecelakaan, Transjakarta Evaluasi SOP Bersama Operator


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

MI/Andri Widiyanto.
 MI/Andri Widiyanto.
 Armada bus TransJakarta melintasi kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Selasa (7/12/2021).

PT Transjakarta mengadakan evaluasi dan penyelarasan standar operasional prosedur (SOP) bersama para operator pada Rabu (8/12). Hadir dalam pertemuan tersebut para operator yakni Pahala Kencana, Kopaja, Perum PPD, Mayasari Bhakti, Steady Safe, dan Bianglala Metropolitan.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Utama PT Transjakarta Mochammad Yana Aditya mengatakan, 229 bus sempat dinonaktifkan dari pelayanan karena dicek kelayakan jalannya. Sebagian besar dari bus tersebut yang sudah lolos kelayakan telah diperbolehkan beroperasi kembali.

"Sementara itu, untuk aspek sumber daya manusia pengemudi dan aspek perekrutan, Transjakarta bersama operator akan melakukan reviu bersama agar kedua pihak dapat menyelaraskan SOP," kata Yana dalam keterangan resmi, Kamis (9/12).

Bukan hanya penyelarasan SOP, pelatihan dan perekrutan pengemudi pun bakal dilakukan bersama-sama antara Transjakarta dengan operator.

Di samping itu, ia meminta agar apapun hasil rekomendasi dari KNKT yang terlibat dalam evaluasi menyeluruh Transjakarta juga dapat dijalankan.

Baca juga: Temui Dirut Transjakarta, Polisi Akan Tekankan Soal Manajemen SDM

"Terkait kesejahteraan para pegawai juga menjadi salah satu bahan evaluasi," ungkapnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT