04 December 2021, 11:05 WIB

Depok Mulai Terapkan Uji Coba GaGe di Jalur Margonda


Kisar Rajagukguk | Megapolitan

M/Andri Widiyanto
 M/Andri Widiyanto
Kota Depok mulai ujicocba ganjil-genap nomor kendaraan setiap akhir pekan, Sabtu (4/12/2021)

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Depok menerapkan uji coba ganjil-genap (GaGe) di jalur Margonda Kota Depok, sepanjang 3 kilometer

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Depok Marbudiono, mengatakan, uji coba GaGe diberlakukan di segmen 2 dan 3 mulai lampu merah Ramanda menuju ke arah Kampus Universitas Indonesia (UI) dengan panjang sekitar 3 kilometer.

Ia menjelaskan, dalam pelaksanaan uji coba GaGe ada beberapa titik check poin yang akan dijaga oleh petugas gabungan.

Petugas gabungan terdiri dari Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan Satuan Lalu Lintas Polres Metropolitan Kota Depok.

"Penerapan GaGe diberlakukan setiap weekend yang dimulai hari ini dan Minggu (5/12), "kata Marbudiono, Sabtu (44/12).

Menurut Marbudiono, aturan GaGe tersebut berlaku bagi semua jenis kendaraan dan semua jenis pelat nomor di jalur Margonda.

"Pengecualiannya hanya untuk kendaraan darurat, seperti ambulans atau kereta jenazah, pemadam kebakaran, angkutan bahan bakar, kendaraan dinas TNI-Polri, kendaraan umum, angkutan logistik. Pengendara motor masih bisa melintas selama uji coba GaGe di jalur Margonda, " terangnya.

Marbudiono menyebutkan, uji coba GaGe masih tahap sosialisasi yang artinya belum ada pemberlakuan tilang bagi pelanggar.

" Uji coba GeGe pada 4 Desember 2021, masih tahap sosialisasi, kita lihat kegiatan ini dilapangan dan kemudian kita lakukan rapat tim gabungan untuk analisa dan evaluasi, " ujar Marbudiono.

Marbudiono melanjutkan, opsi GaGe dilakukan untuk meminimalisir kepadatan kendaraan di ruas Jalan Margonda, Kota Depok.

Penerapan GaGe di ruas Jalan Margonda, sambung Marbudiono terkait juga dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

" Nanti akan ada pemeriksaan bukti vaksinasi. Melalui aplikasi PeduliLindungi, pengendara akan diminta memperlihatkan bukti bahwa yang bersangkutan sudah ikut vaksinasi, " pungkas Marbudiono (OL-13)

Baca Juga: Polda Metro Pastikan Penembakan Exit Bintaro tak Terkait Ketua DPRD

BERITA TERKAIT