17 November 2021, 16:16 WIB

Cegah Genangan Air, Tali Air Dibangun di Taman Marto


Hilda Julaika | Megapolitan

Dok Pemda DKI Jakarta
 Dok Pemda DKI Jakarta
Ilustrasi Taman di Jakarta.

SATUAN Pelaksana (Satpel) Bina Marga Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, membangun tali air di Taman Marto, Jalan Sunter Kemayoran, RW 09, Kelurahan Kebon Kosong.

Kepala Satpel Bina Marga Kecamatan Kemayoran, Rumondang Tambunan, mengatakan pembangunan tali air di Taman Marto untuk mengantisipasi genagan di badan jalan. Pembangunan tali air di Taman Marto agar memudahkan aliran air untuk dialirkan ke Kali Sunter.

Baca juga: 

Tali air yang dibangun sepanjang 22 meter dengan lebar 60 sentimeter dan tinggi 30 sentimeter," ujar Rumondang, Rabu (17/11).

Rumondang menjelaskan, keberadaan tali air tersebut ditambah tangkapan lumpur berukuran 60x40 sentimeter yang berfungsi menampung sampah saat masuk ke dalam tali air. Pihaknya mengerahkan tujuh personel untuk melakukan pekerjaan tersebut dilengkapi peralatan manual seperti linggis, ember, karung, dan lain-lain.

"Pengerjaan dimulai Jumat, 12 November 2021 dan rampung dalam empat hari. Pengerjaan ini menghabiskan 40 karung pasir dan lima sak semen. Dinding tali air memanfaatkan paving block sisa dari perbaikan jalan," tandasnya.

Dia berharap, pembangunan tali air tersebut dapat memperlancar aliran air terutama saat hujan deras serta meminimalisir genangan. (OL-6)

BERITA TERKAIT