07 November 2021, 13:36 WIB

Sudin Sosial Jakarta Timur Terjunkan Ratusan Tagana Antisipasi Banjir


Rahmatul Fajri | Megapolitan

 MI/GRANDYOS ZAFNA
  MI/GRANDYOS ZAFNA
Tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) melakukan latihan di sungai Ciliwung, Jatinegara, Jakarta Timur.

SUKU Dinas (Sudin) Sosial Jakarta Timur menerjunkan 200 Taruna Siaga Bencana alias Tagana untuk bersiaga dalam menghadapi banjir yang berpotensi datang saat musim hujan.

Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Timur Purwono menjelaskan, ratusan personel relawan sosial tersebut nantinya akan membantu masyarakat yang terdampak banjir, mulai dari evakuasi hingga menyiapkan tempat pengungsian.

Purwono mengatakan pihaknya akan melakukan simulasi penanggulangan bencana di Kalimalang hari ini. Ia mengatakan dengan simulasi tersebut nantinya Tagana dapat sigap membantu warga yang terdampak banjir.

"Prinsipnya dalam mengantisipasi musim hujan atau siklus lima tahunan, seluruh anggota Tagana Jakarta Timur siap melakukan penanggulangan bencana. Mereka siap membantu warga yang membutuhkan," kata Purwono, melalui keterangannya, Minggu (7/11).

Sementara itu, Kepala Seksi Perlindungan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Sudin Sosial Jakarta Timur Ridwan mengatakan pihaknya menerjunkan 12 petugas sosial kesiapsiagaan bencana (PSKB). Belasan petugas itu nantinya bersiaga di dapur umum untuk menyiapkan makanan siap saji untuk warga terdampak bencana.

Selain itu, ia mengatakan pihaknya juga sudah menyiapkan 12 tenda pengungsi berukuran 6x10 meter, yang mampu menampung 40 orang saat banjir tiba. (Faj/OL-09)

BERITA TERKAIT