30 October 2021, 14:22 WIB

Membahayakan, Banyak Pohon dan Ranting Sentuh Kabel Listrik di Depok


Kisar Rajaguguk | Megapolitan

MI/Kristiadi
 MI/Kristiadi
Ilustrasi. Pohon tumbang timpa kabel listrik

BANYAK pohon yang menyentuh kabel listrik di beberapa pinggir jalanan Kota Depok. Pohon tersebut membahayakan dan menyebabkan terjadi hubungan arus pendek. Misalnya, di Jalan Raya Curungan, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji dan Jalan Raya Bogor.

Beberapa warga di jalan raya ini mengaku resah karena saat musim hujan kabel tersebut rawan terkena patahan dahan pohon yang bisa menyebabkan kabel putus.

Menyikapi hal tersebut, Kepala bidang Tata Lingkungan dan Konservasi Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Indra Kusuma mengatakan akan segera melakukan pemangkasan ranting pohon tersebut.

Baca juga: Lomba Mural Bukti Polri Siap Terima Kritik

Namun, lanjutnya, pemangkasan ranting tersebut menyesuaikan jadwal kegiatan yang ada." Tidak bisa langsung begitu saja ada jadwalnya, " jelasnya, Sabtu (30/10).

Indra menuturkan, akan segera melakukan koordinasi dengan jajaran di bawahnya untuk segera melakukan antisipasi sesuai keinginan warga Kota Depok. Ia mengaku, dua ratus orang warga di Kota Depok mengirim surat ke DLHK. Mereka memohon agar pohon yang menyentuh kabel listrik dipinggir jalanan Kota Depok ditebang.

Menurut warga, pohon-pohon yang menyentuh kabel listrik sangat mengganggu dan berbahaya apalagi saat pohon dalam kondisi basah. Namun, Indra menegaskan pohon-pohon tersebut tidak boleh dihilangkan atau ditebang karena pohon sumber oksigen dan mencegah banjir serta tanah longsor.

"Selain itu, sumber daya air juga akan menurun jika pohon ditebang. Karena pohon sangat berperan penting untuk menjaga siklus air dengan akar yang dimiliknya, " paparnya.

Prihatini, warga Jalan Raya Curungan, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, Kota Depok mengatakan pohon-pohon rapuh dan rawan tumbang dan menyentuh kabel listrik banyak di daerahnya. Ia sangat khawatir kabel listrik terbuka terkena ranting pohon jika kondisi hujan dibarengi angin kencang.

"Bahaya jika pohon menyentuh kabel. Selain bisa menyebabkan sengatan listrik juga adanya ranting-ranting kayu yang patah dan menimpa kabel bisa putus," tandasnya. (J-2)

BERITA TERKAIT