27 October 2021, 20:16 WIB

Proses Hukum Anggota TNI Bantu Rachel Vennya masih Berjalan


Rahmatul Fajri | Megapolitan

Antara/Reno Esnir.
 Antara/Reno Esnir.
Selebgram Rachel Vennya (tengah) tiba untuk menjalani pemeriksaan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (21/10).

DUA anggota TNI berinisial FS dan IG yang membantu Rachel Vennya kabur dari karantina dikembalikan ke satuan mereka.  Proses hukumnya di Polisi Militer terus berjalan. 

"Jadi sudah kita kembalikan ke satuannya. Proses hukumnya lanjut. Silakan tanya ke satuan untuk lebih jelasnya," kata Kapendam Jaya Kolonel Arh Herwin BS ketika dihubungi, Rabu (27/10).

Herwin mengatakan sejauh ini diketahui hanya dua anggota TNI itu yang membantu Rachel kabur dari karantina. "Jadi kalau hasil penyelidikan hanya dua (anggota TNI) itu," ujarnya.

Atas pelanggaran yang dilakukan kedua anggota TNI, Herwin mengatakan Pangdam Jaya Mayjen Mulyo Aji telah melakukan evaluasi dan pengecekan kepada jajaran mulai dari bandara hingga tempat karantina. Ia mengatakan Pangdam Jaya menekankan pelanggaran yang dilakukan dua anggita TNI itu tak terjadi lagi di masa yang akan datang.

"Sebenarnya semua sudah berjalan bagus. Mekanisme di lapangan sudah bagus. Namun ada ulah oknum ini. Jadi, bukan karena mekanismenya, karena oknum. Pangdam Jaya menekankan ini tidak boleh terjadi lagi dan semua harus melalui pelaporan yang jelas," ujar Herwin.

Sebelumnya, kabar selebgram Rachel Vennya kabur dari karantina di RSDC Pademangan, Jakarta Utara, tersebar di dunia maya. Saat itu Rachel seharusnya melakukan karantina karena baru pulang dari Amerika Serikat. 

Baca juga: Kasus Rachel Vennya Dinaikkan ke Penyidikan

Namun, baru tiga hari diisolasi, baik Rachel, kekasih, dan manajernya melarikan diri. Rachel pun diperiksa polisi atas perbuatannya itu. Penyidik Polda Metro Jaya telah menaikkan status kasus kaburnya selebgram Rachel Vennya dari isolasi di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Pademangan, ke tahap penyidikan. (OL-14)

BERITA TERKAIT