26 October 2021, 13:21 WIB

Terus Membaik, Jakarta Nihil Zona Merah dan Zona Oranye Covid-19


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

ANTARA FOTO/Galih Pradipta
 ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memberikan keterangan kepada jurnalis.

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau yang akrab disapa Ariza mengungkapkan di Jakarta sudah nihil dari wilayah RT yang berstatus zona merah maupun zona oranye Covid-19.

Ariza pun menyampaikan rasa syukurnya beserta apresiasi terhadap masyarakat yang sudah mematuhi protokol kesehatan sehingga membuat Jakarta berhasil menanggulangi pandemi Covid-19.

"Alhamdulillah, sejak kemarin 25 Oktober 2021 tidak ada lagi RT Zona Merah dan Orange di Jakarta. Data ini terbuka, semua warga bisa mengecek di lapangan atau di situs corona.jakarta.go.id," kata Ariza dalam unggahan di akun Instagram @bangariza sebagaimana dilihat Media Indonesia, Selasa (25/10).

"Berkat kekompakkan seluruh warga menjalankan prokes, alhamdulillah, jumlah warga yg meninggal dunia karena covid-19 di DKI Jakarta juga bisa kita turunkan. Bahkan dalam 20 hari terakhir, terdapat sembilan (9 hari) dengan nol kematian. Target vaksinasi sebesar 11,4 juta akan kita realisasikan di bulan November," lanjutnya.

Namun, dengan semakin turunnya kasus Covid-19 di Jakarta diharapkan bukan membuat masyarakat melonggarkan protokol kesehatan. Justru ia menilai protokol kesehatan harus semakin disiplin dilakukan agar kasus tidak kembali meningkat.

"Selain itu, monitoring kepatuhan menjaga jarak dan menghindari kerumunan sebesar 86,05%, dan kepatuhan memakai masker DKI Jakarta sebesar 92,51%. Hal ini jangan sampai membuat kita lengah, saya yakin kita terus kompak menjaga prokes," ungkapnya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada warga yang telah disiplin beserta jajaran SKPD DKI maupun pihak lainnya yang telah turut andil dalam penanggulangan pandemi.

"Setiap pencapaian adalah peringatan, sekali lagi kami tekankan, bahwa setiap pencapaian adalah peringatan. Kita pasti akan kembali ke zona merah dan orange, jika kita tidak disiplin, dan Jangan sampai kita jadi pemicu naiknya kasus kembali," jelasnya. 

"Terima kasih kepada seluruh warga yang melaporkan berbagai pelanggaran lewat aplikasi JAKI, dan terima kasih kepada para petugas yang terus menindak tegas setiap pelanggaran, ini demi keselamatan seluruh warga," pungkas Ariza. (Put/OL-09)

BERITA TERKAIT