22 October 2021, 18:03 WIB

Kepulauan Seribu Siap Sambut Wisatawan


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

Antara
 Antara
Foto udara salah satu pulau di area Kepulauan Seribu, Jakarta.

PARIWISATA di Kepulauan Seribu akhirnya kembali dibuka semenjak tutup selama pandemi covid-19. Adapun tempat wisata di Kepulauan Seribu telah dibuka sejak 19 Oktober lalu.

Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Dinas Parekraf DKI Jakarta Iffan menegaskan bahwa pariwisata di Kepulauan Seribu sudah memenuhi persyaratan Cleanliness, Health, Service, Environmental Sustainibility (CHSE), yang diwajibkan oleh Kementerian Parekraf.

"Iya sudah dibuka. Jadi sebenarnya dari 19 Oktober," ujarnya ketika dikonfirmasi, Jumat (22/10).

Baca juga: Pengunjung di Bawah 12 Tahun Sudah Boleh Masuk TMII

Pembatasan kapasitas pengunjung tetap diberlakukan di sejumlah pulau area wisata. Hanya 25% kapasitas turis yang diizinkan berkunjung ke tiap pulau. Sementara untuk penginapan atau homestay, kapasitasnya dibatasi 50%.

"Homestay biasanya full berapa orang sih? Jadi yang ke pulau 25% dari situ. Bukan berarti 50% dari luar. Kan homestay-nya ada di pulau itu. Jadi diambilnya 25% dari yang masing-masing mau ke pulau," jelas Iffan.

Baca juga: Kapasitas Angkutan Umum DKI Boleh 100%, Namun KRL Tetap 32%

Lebih lanjut, dia menambahkan terdapat 11 pulau di Kepulauan Seribu yang sudah dibuka dan siap menyambut wisatawan. Dengan dibukanya Kepulauan Seribu, total ada enam objek wisata di DKI yang sudah dibuka pada masa PPKM.

Di antaranya, Taman Margasatwa Ragunan, Setu Babakan, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan Taman Impian Jaya Ancol. "Syaratnya sama seperti tempat wisata pada umumnya di masa pandemi, yakni harus sudah vaksin. Diperiksa menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Anak-anak sudah boleh masuk, tetapi harus didampingi orang tua," terangnya.(OL-11)
 

 

 

BERITA TERKAIT