20 October 2021, 09:57 WIB

Ini Alasan Pemprov DKI Tunda Pembangunan LRT Kelapa Gading-JIS


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Megapolitan

ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
 ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
 Seorang pekerja menyelesaikan pengerjaan proyek LRT Cawang - Dukuh Atas di kawasan Dukuh Atas, Jakarta.

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menunda pembangunan light rail transit (LRT) fase 2a rute Kelapa Gading-Jakarta International Stadium (JIS) jadi tahun depan.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo membeberkan alasan pihaknya meninda pengerjaan proyek LRT fase 2a Kelapa Gading hingga JIS.

Menurutnya, penundaan dilakukan lantaran proyek tak mendapatkan suntikan modal.

"Selama pandemi kita mengalami kontraksi, APBD DKI cukup terkoreksi signifikan sehingga tidak mungkin ada PMD untuk pembangunan LRT Kelapa Gading-JIS," tutur Syafrin, Rabu (20/10).

Syafrim menjelaska pembangunan LRT belum bisa dimulai tahun ini lantaran harus ada mitra strategis untuk pembangunannya.

"Untuk kelanjutannya itu rekan-rekan dari Jakpro akan mencari mitra strategis untuk pembangunan itu apakah polanya dengan KPDBU, atau pola creative financing yang lain," tuturnya.

Intinya, kata Syafrin, Jakpro harus bergerak mencari investor (pendana) agar proyek LRT Kelapa Gading-JIS bisa segera berjalan.

"Sekarang Jakpro lagi kajian penyusunan dokumen teknis. Begitu itu siap mereka akan menyiapkan proses pencarian mitra strategis. Setelah itu otomatis projek ini akan berlanjut," pungkasnya. (Ykb/OL-09)

BERITA TERKAIT