03 October 2021, 10:30 WIB

Satgas Pamor Ujung Tombak Vaksinasi Door to Door di Kota Bekasi


Rudi Kurniawansyah | Megapolitan

MI/Pemkot Bekasi
 MI/Pemkot Bekasi
Satgas Pamor di Kota Bekasi melayani warga yang ingin mendapatkan vaksinasi covid-19.

SATUAN Tugas Pantau Monitoring (Satgas Pamor) menjadi ujung tombak menyukseskan kegiatan vaksinasi covid-19 door to door atau vaksinasi keliling yang diadakan serentak di seluruh wilayah Kota Bekasi. 

Warga Kota Bekasi yang belum sempat melakukan vaksinasi bisa mendapatkan layanan vaksin di lingkungan sekitar rumah melalui program vaksinasi jemput bola itu.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan vaksinasi door to door atau vaksinasi keliling, yang diselenggarakan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi bertujuan memudahkan warga yang memiliki kesibukan dan tidak sempat melakukan vaksinasi. Selain itu, vaksin keliling ini digelar untuk menjangkau warga hingga ke pelosok.

Baca juga: Stok Vaksin Covid-19 Di Kota Bogor 110 Ribu Dosis

"Satgas Pamor dapat memegang penuh pekerjaan dan tanggung jawab kepada masyarakat, memberikan yang terbaik bagi masyarakat. Terlebih, saat ini, masyarakat sangat membutuhkan vaksinasi untuk kesehatan dan memutus rantai penyebaran covid-19. Tugas ini harus benar-benar diemban dengan sebaik-baiknya supaya masyarakat dapat merasakan hadirnya pemerintah pada situasi seperti sekarang ini," kata Wali Kota Bekasi, Minggu (3/10).

Ia menjelaskan, Satgas Pamor harus dapat memetakan wilayah dan mendata warga yang belum mendapatkan layanan vaksinasi. Satgas Pamor menjadi kunci sukses atau ujung tombak dalam kegiatan vaksinasi jemput bola tersebut.

"Satgas Pamor menjadi ujung tombak dalam situasi saat ini. Dia harus paham dan mengetahui kebutuhan yang ada di wilayahnya, mendata warga yang ada di wilayah RW yang belum mendapatkan layanan vaksin pemetaan serta memahami tupoksi. Menyiapkan data per wilayah dan melaporkan setiap tugas yang telah dilakukan hingga tuntas," jelas Wali Kota.

Ia mengungkapkan, Satgas Pamor pada tingkat RW dapat melakukan kerja tersistem dan bersinergi dengan para Ketua RW, Tokoh Masyarakat di wilayahnya guna mencapai herd immunity.

"Vaksinasi keliling yang diselenggarakan oleh pemerintah berhasil mendapat respon yang baik dari masyarakat. Tentunya dengan vaksinasi keliling warga dapat terlayani langsung dan warga tidak perlu repot mengantri," pungkasnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT