21 September 2021, 17:49 WIB

Jalur Sepeda Sudirman-Thamrin Dibuka Hanya Untuk Bike to Work


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

Antara/Indrianto Eko Suwarso
 Antara/Indrianto Eko Suwarso
Pegiat bike to work bersepeda menuju tempat kerja

PESEPEDA telah diperbolehkan melintasi Jl Jenderal Sudirman-Jl MH Thamrin di masa PPKM level 3. Namun demikian, Dinas Perhubungan DKI Jakarta menegaskan, pesepeda yang boleh melintasi jalan protokol tersebut hanyalah yang bersepeda untuk transportasi menuju tempat kerja atau Bike To Work.

Sebelumnya, di masa PPKM Darurat dan PPKM level 4, para pekerja yang terbiasa bertransportasi menggunakan sepeda maupun pesepeda yang bertujuan untuk olahraga dan rekreasi dilarang melintas jalan tersebut. Tujuannya untuk mencegah kerumunan warga.

"Jadi begini, sesuai yang disampaikan Pak Dirlantas, bahwa untuk kegiatan bersepeda itu untuk khususnya tujuan bekerja bike to work itu sudah diperbolehkan. Juga untuk rekan-rekan yang disabilitas yang menggunakan sepeda itu sudah diperbolehkan," kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub DKI Jakarta, Rudy Saptari, saat dikonfirmasi, Selasa (21/9).

Rudy melanjutkan, untuk warga yang bersepeda untuk tujuan rekreasi maupun olahraga tidak diperbolehkan.

Baca juga : PPKM Level 3, Kepadatan Lalu Lintas di Jakarta Meningkat

"Tetapi untuk tujuan lain seperti rekreasi ataupun berolahraga tentunya itu masih dilarang karena prinsipnya kita adalah dalam masa PPKM ini diharapkan tidak ada kerumunan," ujarnya.

Perbedaan ini diharapkan dimengerti oleh masyarakat. Meskipun masyarakat mengklaim tidak akan berkerumun, potensi tersebut tetap ada.

"Kalau orang sepeda mereka kan juga, kalau naik sepeda dengan tujuan kerja tentu mereka tidak akan berekrumun dengan harapan seperti itu," pungkasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT