16 September 2021, 20:44 WIB

Pemprov: Warga KTP Non-DKI Boleh Divaksin Moderna


Selamat Saragih | Megapolitan

Antara
 Antara
Ilustrasi vaksinasi

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengubah kebijakan vaksinasi Covid-19 Moderna di Ibu Kota. Sebelumnya kebijakan ini dikhususkan untuk warga DKI Jakarta. Pelayanan vaksinasi menggunakan vaksin Moderna kini bisa dinikmati warga ber-KTP non-DKI Jakarta.

"Untuk jenis Moderna, bisa disuntikkan bagi WNI KTP seluruh Indonesia," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Widyastuti, dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Kamis (16/9).

Widyastuti menambahkan, vaksin Moderna kini tersedia di seluruh fasilitas kesehatan (faskes) dan sentra vaksinasi Covid-19 yang ada di DKI Jakarta. Vaksin Moderna, kata Widyastuti, bisa digunakan untuk orang-orang yang menderita penyakit autoimun.

"Termasuk juga pasien dalam terapi imunosupresan harus sesuai dengan rekomendasi dokter," ujar Widyastuti.

Dia menambahkan, puskesmas akan melakukan koordinasi dengan RSUD apabila dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut terhadap calon peserta vaksinasi sesuai dengan indikasi medis. Selain itu, Widyastuti menjelaskan, terdapat penambahan kuota vaksin dosis 2 minimal 250 orang per hari per kecamatan di aplikasi JAKI.

Puskesmas dan RSUD juga membuka pelayanan vaksinasi Covid-19 pada hari libur, Sabtu, dan Minggu dengan pilihan jam yang bervariasi, termasuk di sore dan malam hari.

"Kami akan melakukan penyisiran untuk mengejar pencapaian dosis 1 dan 2 bagi sasaran remaja, pendidik, tenaga kependidikan, masyarakat rentan (ibu hamil, ibu menyusui, penyandang disabilitas dan lainnya)," pungkasnya. (OL-8)

 

BERITA TERKAIT