03 September 2021, 19:32 WIB

Canggih, Narkoba yang Dibuat di Karawaci Tidak Bisa Dideteksi X-ray


Sumantri | Megapolitan

Dok.MI
 Dok.MI
Ilustrasi

PENGELOLAAN sabu yang diproduksi di rumah mewah di Kawasan Taman Cendana Golf, Karawaci, Kabupaten Tangerang Banten, dilakukan dengan metode baru atau lebih canggih daripada jaringan lainnya yang pernah ditangkap oleh Polri.

Pasalnya, sabu yang di produksi oleh dua orang warga negara asing (WNA) asal Iran tersebut akan lebih mudah dipasarkan karena tidak terdeteksi oleh X-Ray.

Demikian kata Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Ady Wibowo, saat melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP), bersama Puslabfor Mabes Polri dan Drug Enforcement Administration DEA) Amerika Serikat untuk Indonesia di Karawaci, Kabupaten Tangerang, Banten, Jumat (3/9).

Lebih jauh Kapolres mejelaskan, berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, selama satu bulan, kedua orang tersebut dapat memproduksi barang haram itu sebanyak 15-20 Kg.

Namun ketika ditanya barang bukti yang diamankan, kapolres belum bisa menjelaskan karena kasus itu masih dalam pengembangan. "Kasus ini masih kami dalami, nanti kalau sudah jelas dan terungkap semuanya, kita rilis," kata Kapolres sembari menambahkan pihaknya masih melakukan pengejaran terhadap beberapa orang yang pernah berinteraksi dengan pelaku.

Dan untuk sementara ini, kata dia, pihaknya hanya melakukan olah TKP. Hasil dari olah TKP, sabu itu di produksi di lantai dua rumah mewah tersebut. "Produksinya di lantai dua dan di kamar bawah kami hanya menemukan residu bekas ulahan sabu," kata dia.

Dan pelaku yang selalu berpindah-pindah tempat, tinggal di rumah tersebut selama empat bulan. Dan selama empat bulan itu pula mereka diduga telah memproduksi barang tersebut.

Para warga sekitarpun, kata dia, selalu mencium bau yang menyengat. Namun mereka tidak curiga bila rumah itu digunakan untuk memproduksi sabu.

Dalam olah TKP itu, Kepolisian juga menghadirkan dua tersangka yang diketahui berkewarganegaraan Iran. Mereka melakukan reka adegan dalam memproduksi sabu di dalam rumah tersebut. Bukti dari reka adegan itu nantinya dipakai polisi untuk melengkapi berkas perkara.

Satuan Narkoba Polres Jakarta Barat menggerebek pabrik sabu berkedok rumah mewah di kawasan Karawaci, Kabupaten Tangerang, Rabu (1/9).

Baca juga: Bobol Aplikasi PeduliLindungi, Pegawai Kelurahan Ditangkap

Penggerebekan itu bermula ketika Satuan Polres Narkoba Jakarta Barat (Jakbar) mengungkap kasus peredaran narkoba di kawasan Kalideres beberapa waktu lalu.

Dari pengungkapan itu, polisi mendapatkan petunjuk adanya keberadaan pabrik sabu. Berdasarkan petunjuk itulah, petugas melakukan penggerebekan dan berhasil menangkap dua orang tersangka.

"Dua tersangka berhasil kami tangkap," kata Kepala Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Barat Kompol Danang Setiyo.

Namun Danang belum bisa merinci barang bukti apa saja yang sudah ditemukan petugas dari lokasi penggerebekan. Selain itu, dia juga belum menjelaskan peran dari dua orang yang sudah ditangkap tersebut.(Ant/OL-4)

BERITA TERKAIT