01 September 2021, 12:46 WIB

Tempat Isolasi Covid-19 di Rusun Nagrak dan Pasar Rumput Ditutup Sementara


Yakub Pryatama | Megapolitan

MI/Andri Widiyanto
 MI/Andri Widiyanto
Petugas menyiapkan kamar yang akan digunakan sebagai tempat isolasi pasien Covid-19, di Rumah Susun (Rusun) Nagrak, Cilincing

TEMPAT isolasi terpusat di Rusun Nagrak, Cilincing, Jakarta Utara dan Rusun Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta Selatan, kini ditutup sementara. Penutupan tersebut dilakukan lantaran pasien di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran semakin menurun.

Kepala Humas RSDC Wisma Atlet Kemayoran Kolonel Mintoro Sumego menyebut sejak awal Rusun Nagrak dan Rusun Pasar Rumput dibuka sebagai tempat isolasi guna menampung pasien covid-19 yang melonjak. Hal itu terjadi lantaran RSDC Wisma Atlet sempat hampir penuh saat lonjakan kasus covid-19 pada Juni lalu.

Namun, kondisi yang semakin membaik di RSDC Wisma Atlet membuat kedua lokasi isolasi cocid-19 tersebut ditutup.

"Makanya ditutup sementara. Di Rusun Nagrak tidak ada lagi pasien, lalu pasien di Pasar Rumput tinggal sedikit kami pindahkan ke Wisma Atlet Kemayoran," papar Mintoro, Rabu (1/9).

Walaupun ditutup, fasilitas isolasi di Rusun Nagrak dan Pasar Rumput belum dibongkar.

"Tetap standby jika ada lonjakan pasien lagi," ungkap Mintoro.

Baca juga: Menteri PUPR Sebut Rusun Pasar Rumput Siap Terima Pasien Covid-19

Adapun tenaga kesehatan yang semula bekerja di dua fasilitas isolasi mandiri tersebut kini sudah dikembalikan ke RS Wisma Atlet.

Diketahui, sejak beroperasi 18 Juni sampai 30 Agustus 2021, Rusun Pasar Rumput telah merawat 1.094 pasien covid-19 tanpa gejala dan gejala ringan, yang seluruh pasiennya sembuh.

Kemudian, Rusun Nagrak telah merawat 9.419 pasien Covid-19 tanpa gejala dan gejala ringan, juga sembuh total seluruh pasiennya.(OL-5)

BERITA TERKAIT