28 August 2021, 07:40 WIB

Anies Resmikan Pembangunan Masjid At Tabayyun, PKS: Hasil Perjuangan


Yakub Pryatama | Megapolitan

ANTARA
 ANTARA
Ilustrasi masjid

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan pembangunan Masjid At-Tabayyun yang berlokasi di Komplek Taman Villa Meruya, Jakarta Barat.

Sebelumnya, rencana pembangunan masjid tersebut ditentang oleh masyarakat sekitar. Penyebabnya, masjid itu dibangun di atas 40% Ruang Terbuka Hijau (RTH). Warga pun sempat memasang spanduk sebagai bentuk protes. Warga khawatir pembangunan masjid di atas RTH bakal mengganggu resapan air di wilayah tersebut.

Perjuangan bertahun-tahun membangun tempat ibadah di lokasi tersebut akhirnya membuahkan hasil. Hal ini ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan Masjid At-Tabayyun oleh Anies.

Sekretaris DPW PKS DKI Jakarta Abdul Aziz menyebut perjuangan masjid ini sudah lama sekali. Dimulai dari tahun 2018, 2019, 2020 sampai tahun 2021, akhirnya izin turun untuk membangun.

Aziz juga mengatakan kesabaran pengurus untuk mengurus izin-izin pembangunan patut diapresiasi. Walaupun sudah ada dari jaminan Wali Kota Jakarta Bara.

“PKS sangat menghargai pengurus masjid yang taat aturan, diurus prosesnya secara resmi sesuai prosedur, izin dulu keluar baru dibangun,” kata Aziz.

Baca juga:  Pembangunan Masjid di Atas RTH, Anies: Sudah Sesuai Ketentuan

Aziz menambahkan, PKS sangat mendukung pembangunan Masjid karena memang prosedur yang ditempuh sudah benar dan proses administrasinya juga sesuai.

“Ini merupakan aspirasi dari masyarakat sekitar TVM yang saat ini belum memiliki fasilitas ibadah, masjid khususnya,” ujar Aziz yang juga Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta.

“PKS juga menghargai saran dari Gubernur Anies, bangunan masjid ini harus menjadi bangunan yang green building, misalnya agar bangunan masjid ini nantinya tidak menghalangi air masuk ke tanah,” tambah Aziz.

Diketahui, PKS selain mengadvokasi juga memberikan bantuan dana dari anggota legislatif dapil X Jakarta Barat pada Ramadhan 1442 hijriah lalu, diantarnya Abdul Aziz dan Nasrullah.

“Kami memberikan bantuan dana yang masih sedikit, namun kami berharap agar proses pembangunannya dapat berjalan lancar dan juga menjadi masjid yang berguna bagi masyarakat sekitarnya,” pungkas Aziz.(OL-5)

BERITA TERKAIT