27 August 2021, 16:49 WIB

Pembangunan Masjid di Atas RTH, Anies: Sudah Sesuai Ketentuan


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

Antara
 Antara
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menyampaikan keterangan pers.

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri sekaligus mengikuti prosesi peletakan batu pertama pembangunan Masjid At-Tabayyun yang berlokasi di Komplek Taman Villa Meruya, Jakarta Barat.

Sebelumnya, rencana pembangunan masjid tersebut ditentang oleh masyarakat sekitar. Penyebabnya, masjid itu dibangun di atas 40% Ruang Terbuka Hijau (RTH). Warga pun sempat memasang spanduk sebagai bentuk protes.

Warga khawatir pembangunan masjid di atas RTH bakal mengganggu resapan air di wilayah tersebut. Namun, Anies menekankan bahwa Pemprov DKI Jakarta memastikan semua ketentuan terkait pendirian rumah ibadah dipenuhi dengan benar. Termasuk, untuk pembangunan Masjid At-Tabayyun.

Baca juga: Jakpro tak Beri Kompensasi untuk 26 Kafe Ilegal di Kampung Bayam

"Itu kebetulan ketika prosesnya memang panjang. Tadi diceritakan bahwa ini hampir tiga tahun dari proses penyusunan perizinan, sampai keluar izin prinsip, sampai keluar IMB-nya. Jadi, ini sudah keluar izin prinsip dan sudah keluar IMB-nya," ujar Anies, Jumat (27/8).

Anies menjelaskan faktor mendasar dari terbitnya Izin Mendirikan Bangunan (IMB), merupakan keputusan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB). Menurutnya, Pemprov DKI tidak mungkin memberikan izin untuk sebuah tempat ibadah, jika tidak ada rekomendasi dan izin dari FKUB.

Baca juga: Hadapi Interpelasi Formula-e, Anies Baswedan Tiru Cara Jokowi

"Sehingga, proses ini bisa berjalan. Walaupun kemudian mereka menunggu sampai bertahun-tahun, tapi bukan berarti otomatis jalan. Harus mengikuti semua prosedur. Alhamdulillah semua diikuti prosedurnya, maka peletakan batu pertama bisa dilakukan," imbuh Anies.

Dia pun berharap pembangunan tersebut bisa menjaga ketenangan dan keteduhan antarumat beragama di kawasan Taman Villa Meruya. Begitu masjid beroperasi, diharapkan bisa menjadi sumber dan pusat kegiatan yang positif atas informasi, khususnya terkait agama Islam.

Diketahui, Masjid At-Tabayyun dibangun di atas area fasos seluas 1.078 m2 milik Pemprov DKI. Konsep bangunan berada di tengah taman hijau, dengan tapak bangunan sekitar 400 m2 atau 40% dari area tersebut. Adapun pembangunan ibiayai swadaya warga muslim di kompleks Taman Villa Meruya.(OL-11)

BERITA TERKAIT