12 August 2021, 20:09 WIB

Jelang 17 Agustus, Antusiasme Warga Beli Bendera Merah-Putih Menurun


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Megapolitan

MI/M Irfan
 MI/M Irfan
Jelang perayaan HUT ke-76 RI, banyak penjual bendera dan umbul-umbul di Jalan Raya Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (8/8).

JELANG Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-76, antusiasme warga untuk membeli bendera Merah-Putih menurun drastis.

Dari pantauan, pedagang umbul-umbul dan bendera Merah Putih di sepanjang Jalan Kramat Raya, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat mengeluhkan sepinya pembeli.

Tak seperti biasanya, animo daya beli masyarakat menurun selama masa pandemi covid-19 dan perpanjangan PPKM Level 4.

Salah satu pedagang atribut dan bendera Sang Saka Merah Putih, Wanto, hanya bisa pasrah dengan kondisi saat ini.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, jualannya kini sepi pembeli.

“Biasanya ada saja yang melintas dan beli bendera. Tapi tahun ini antusias warga ya menurun, omset pedagang otomatis ikut menurun,” ujarnya.

Ia pun berharap agar dagangannya bisa kembali ramai seperti tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, sebagai pedagang musiman, barang yang dijualnya hanya mencari momen satu tahun sekali.

“Sangat disayangkan warga jadi kurang semangat (mungkin) memasang bendera di rumahnya. Semoga semuanya cepat membaik,” harapnya.

Kondisi saat ini, kata Wanto, sangat sulit diharapkan. Ia pun berharap agar Pemerintah segera menyelesaikan masalah soal covid-19 dan berikan kebijakan yang bermanfaat untuk pedagang seperti dirinya.

“Hanya 40%yang beli. Saya harap semua bisa seperti dulu,” pungkasnya. (Ykb/OL-09)

BERITA TERKAIT