05 August 2021, 15:33 WIB

Polisi Amankan Pelajar Lakukan Pungli di Titik Penyekatan Kemayoran


 Rahmatul Fajri | Megapolitan

Dok.MI/Ilustrasi
 Dok.MI/Ilustrasi
Ilustrasi tindakn pungutan liar atau pungli. 

POLSEK Kemayoran mengamankan seorang pelajar berinisial WH,13, yang melakukan pungutan liar (pungli) di titik penyekatan di Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Kapolsek Kemayoran Kompol Ewo Samono mengatakan saat diamankan, petugas mendapat barang bukti berupa uang sebesar Rp25 ribu yang diduga hasil dari pungli. Ewo mengatakan dari pemeriksaan sementara, WH tidak memaksa meminta uang kepada warga.

WH dan teman-temannya diduga meminta Rp500 sampai Rp1.000 kepada warga yang lewat. WH lalu menggunakan uang tersebut untuk jajan.

Ewo mengatakan pihaknya tengah memeriksa WH lebih lanjut untuk mengetahui pelaku lainnya yang diduga meminta pungutan kepada warga yang melintas di titik penyekatan tersebut.

"Sudah kita amankan di Polsek Kemayoran sekarang masih terus diperiksa. Kita akan kembangkan itu WH siapa-siapa saja temannya," kata Ewo, ketika dihubungi, Kamis (5/8).

Ewo mengatakan pihaknya juga akan melakukan pemanggilan terhadap orang tua yang bersangkutan. Selain itu, pihaknya juga memanggil pihak RT, RW, dan tokoh masyarakat agar kejadian serupa tak terulang.

"Ketua RT, RW dan tokoh masyarakat akan kita panggil juga. Biar nanti juga ada edukasi terhadap masyarakat," ucap Ewo.

Sebelumnya, beredar di media sosial sebuah video mengenai sejumlah remaja yang sedang duduk-duduk di titik penyekatan Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat. Dalam video yang diunggah akun @jakarta.terkini tersebut juga dituliskan "penyekatan di Kemayoran, 2000=boleh lewat". (Faj/OL-09)

BERITA TERKAIT