02 August 2021, 11:52 WIB

3 Ribu Warga Binaan Rutan dan Lapas Salemba Divaksinasi


Rahmatul Fajri | Megapolitan

ANTARA FOTO/Jessica Helena
 ANTARA FOTO/Jessica Helena
Ilustrasi: Seorang Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) disuntik vaksin oleh petugas kesehatan

SEBANYAK 3.508 warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 1 A Salemba dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Salemba Kelas II A akan menjalani vaksinasi. Kegiatan vaksinasi akan berlangsung hari ini, Senin (2/8) hingga Rabu (4/8).

Kepala Lapas Kelas II A Salemba Yosafat Rizanto mengatakan 1.095 warga binaan akan menjalani vaksinasi. Sedangkan sisanya juga terkendala administrasi.

"Kalau di kami ada 603 yang tidak divaksin karena masalah NIK. Ada 399 warga binaan punya NIK tapi saat di cek invalid di Dinas Kependudukan. Kalau 204 memang tidak ada NIK," kata Yosafat di Jakarta, Senin (2/8).

Sementara itu, Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Salemba Kelas I A Yohanis Varianto mengatakan dari 3.247 jumlah warga binaan, 2.413 di antaranya akan menjalani vaksinasi. Sedangkan sisanya belum divaksinasi karena terkendala administrasi.

"Yang tidak dapat tervaksin karena tidak ada Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebanyak 834 warga binaan," ucap Yohanis.

Baca juga: 270 Warga Binaan Lapas Salemba Divaksin Covid-19

Salah satu warga binaan Rutan Salemba, Kamaludin mengaku antusias menjalani vaksinasi. Ia mengatakan vaksinasi bisa bermanfaat untuk mencegah risiko gejala berat jika terpapar covid-19.

"Saya memang sudah niat mau vaksin biar ada daya tahan tubuh terhadap covid-19," kata Kamaludin.(OL-5)

BERITA TERKAIT