08 July 2021, 17:19 WIB

IKAPPI Minta Prokes di Pasar Rumput Diperketat


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

Antara
 Antara
Rusun Pasar Rumput

RUSUN Pasar Rumput akan segera menjadi lokasi isolasi terkendali covid-19 bagi pasien tanpa gejala. Pemprov DKI Jakarta menjadikan rusun di atas pasar tradisional itu guna mengantisipasi lonjakan pasien covid-19 yang terus terjadi.

Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) telah banyak menerima laporan kekhawatiran dari para pedagang terkait risiko penularan covid-19 dari pasien ke pedagang yang berada di Pasar Rumput.

Ketua Bidang Infokom DPP IKAPPI Muhammad Ainun Najib pun mengatakan, pihaknya telah memberikan pengertian kepada para pedagang bahwa alih fungsi rusun menjadi lokasi isolasi demi kepentingan banyak pihak.

"Kami meminta kepada pemerintah untuk melakukan beberapa hal. Pertama, memperkuat protokol kesehatan di Pasar Rumput dan sekitarnya," kata Najib dalam keterangan resminya, Kamis (8/7).

Kedua, pengelola isolasi pasien harus meminimalisir adanya pertemuan antara suspek covid-19 dengan pedagang pasar. Najib menegaskan, harus ada zonasi dan area yang untuk memungkinkan tetap berdagang senyaman mungkin.

Baca juga : DMI DKI Latih Relawan Pemulasaran Jenazah Covid-19

"Ketiga, kami meminta kepada pemerintah untuk mencari solusi atas penurunan omzet pasar karena efeknya adalah pasar akan menjadi sepi karena pembeli tidak berani datang ke Pasar Rumput," ujarnya.

Atau solusi lainnya yakni para pedagang direlokasi sementara.

"Ini beberapa solusi yang kami tawarkan tetapi prinsipnya penggunaan rusun di Pasar Rumput sebagai tempat isolasi kami setuju dan semoga itu bisa membantu sebagian dari keikhlasan pedagang untuk bisa dipergunakan sebagai tempat penyembuhan suspek covid-19," ungkapnya.

Ia pun berharap ada kebijakan yang tegas dan jelas serta sosialisasi yang memadai dari Pemprov DKI kepada para pedagang pasar untuk menjawab kegelisahan para pedagang. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT