23 June 2021, 16:23 WIB

Wisma Atlet Penuh, DKI Siapkan Rusun Nagrak untuk Pasien OTG


Hilda Julaika | Megapolitan

Antara
 Antara
Suasana Wisma Atlet Kemayoran pada malam hari, yang terisi penuh pasien covid-19.

PEMPROV DKI Jakarta telah menyiapkan Rusun Nagrak sebagai tempat isolasi pasien covid-19 dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG). Mengingat, lonjakan kasus covid-19 menyebabkan kapasitas RSDC Wisma Atlet Kemayoran terisi penuh.

Perawatan pasien covid-19 tanpa gejala di wilayah Ibu Kota pun akan dialihkan ke Rusun Nagrak. “Kami baru saja melakukan inspeksi kesiapan Rusun Nagrak untuk tempat isolasi masyarakat yang terpapar covid-19 dan tidak bergejala. Kapasitas di rusun sekitar 2.500 daya tampungnya,” jelas Gubernur DKI Anies Baswedan, Rabu (23/6).

Menurutnya, penambahan lokasi untuk isolasi pasien covid-19 dengan status OTG, sebagai upaya untuk memastikan warga Jakarta yang terinfeksi dapat melakukan isolasi dengan baik. Sehingga, risiko penularan covid-19 di tengah masyarakat bisa ditekan.

Baca juga: BNPB Pastikan Kesiapan Rusun Nagrak untuk Pasien Covid-19

“Kita harus memutus mata rantai covid-19. Pengelolaan tempat isolasi ini di bawah Pangdam Jaya, yang sekaligus juga Panglima Komando Tugas Gabungan Tempat Terpadu (Pangkogaskabpad). Rusun ini juga menjadi satu dengan pengelolaan Wisma Atlet,” ungkap Anies.

Lebih lanjut, Anies menekankan bahwa perawatan pasien covid-19 dengan gejala tetap diarahkan ke Wisma Atlet. “Secara infrastruktur, ini fasilitas yang dikelola Pemprov DKI, tetapi aktivitasnya di bawah satu garis Komando dengan Wisma Atlet. Sehingga, kebutuhan personel sampai logistik ada dalam satu manajemen,” tandasnya.(OL-11)
 

BERITA TERKAIT