13 June 2021, 11:44 WIB

Dishub DKI Imbau Sepeda Non-Road Bike tak Lintasi JLNT


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

MI/Andri Widiyanto
 MI/Andri Widiyanto
Sejumlah pengguna sepeda road bike melintas di Jalan Layang Non Tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang

KEPALA Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengingatkan agar sepeda non-Road Bike tidak melintasi Jalan Layang Non To (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang. Menurut dia, dalam uji coba, JLNT itu hanya diperuntukkan khusus Road Bike dengan alasan keselamatan.

"JLNT membutuhkan kondisi fisik yang biasa berlatih sepeda dan tentu dari sisi keselamatan ini menjadi prioritas pemerintah menyediakan jalur khusus road bike ini. Tentu kita lebih kepada aspek keselamatan warga yang utama. Dengan demikian bagi pengguna sepeda yang biasa buat lifestyle hari Minggu untuk melakukan olahraga biasa kami tidak sarankan ada di sini," ungkapnya ditemui di JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang, Minggu (12/6).

Menurut dia, JLNT tersebut dipilih juga disebabkan lokasinya dekat dengan jalur sepeda reguler yang ada di Jl Jenderal Sudirman - Jl MH Thamrin. Sehingga, apabila terdapat pesepeda non Road Bike yang ingin nekat melintasi JLNT di masa uji coba, pihaknya dengan mudah bisa mengarahkan pesepeda tersebut ke jalur sepeda reguler.

Baca juga:  DPRD DKI Dukung Demo Warga Terkait Jalus Khusus Road Bike

Begitupun sebaliknya, apabila ada pesepeda Road Bike yang menggunakan jalur sepeda reguler di Jl Jenderal Sudirman - Jl MH Thamrin pada Sabtu-Minggu pagi selama masih dalam masa uji coba berlangsung, pesepeda itu akan diarahkan ke JLNT.

"Juga begitu dengan pesepeda road bike jika mereka lewat Sudirman-Thamrin bisa kita arahkan untuk ke sini. Jadi tidak ada mix antara pesepeda biasa dengan road bike," ungkapnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta mengadakan uji coba lintasan khusus Road Bike di JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang setiap Sabtu-Minggu pukul 05.00-08.00 WIB. Dalam uji coba itu, kendaraan bermotor dilarang melintas di jalan tersebut.(OL-5)

VIDEO TERKAIT :

BERITA TERKAIT