07 June 2021, 18:32 WIB

Ini Temuan Ombudsman Jakarta Soal Ruwetnya PPDB di DKI


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

MI/Andri Widiyanto
 MI/Andri Widiyanto
Orang tua siswa mencari informasi terkait PPDB

PROSES pengajuan akun untuk Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) daring DKI tahun ini bermasalah. Hari ini keluhan para orangtua yang tak bisa membuat akun di situs PPDB bahkan bertebaran di akun resmi Instagram Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Ketua Ombudsman Perwakilan Jakarta Raya Teguh P Nugroho menyebut dua temuan terkait permasalahan PPDB DKI. 

"Pertama kemampuan server dalam mengatasi tingginya traffic pendaftaran sehingga orang tua mengalami kesulitan untuk mengakses laman pendaftaran dan pastinya bukan karena leletnya internet dari pihak orang tua karena infrastruktur internet Jakarta sangat memadai," kata Teguh saat dihubungi Media Indonesia, Senin (7/6).

Kedua, ada keluhan dari orangtua siswa terkait kolom asal sekolah yang tidak kunjung muncul. Menurut Teguh, masalah ini seperti yang terjadi dua tahun yang lalu. Dinas Pendidikan DKI, kata Teguh, harus segera menyiapkan mitigasi agar problem ini bisa segera diantisipasi.

Menurut dia, tahun lalu, Disdik DKI sudah melakukan sistem PPDB menggunakan nilai rapot melalui sistem Sidanira tahun lalu. Tahun lalu pun sudah dilakukan simulasi.

Ia pun berpendapat, simulasi tahun kemarin sudah dilakukan sehingga tidak terjadi masalah seperti sekarang ini pada tahun lalu.

Baca juga : Server Bermasalah, Pengajuan Akun PPDB Diperpanjang 1 Hari

"Sepatutnya Disdik melakukan simulasi sistem ketika akan dipergunakan. Tahun kemarin mereka melakukan simulasi dengan lebih baik sepertinya hingga masalahnya tidak seperti tahun sekarang," ujarnya.

Menurut dia, simulasi penting untuk menguji ketahanan server yang disiapkan Disdik pada PPDB kali ini.

"Kalau alasanya simulasi tidak mencapai angka real, itulah gunanya simulasi sebagai trajectory atau perkiraaan sistem akan down atau tidak dengan perhitungan dari simulasi itu," ungkapnya.

Sebelumnya, Disdik DKI Jakarta mengakui adanya pelambatan di situs resmi PPDB DKI yang baru dibuka hari ini. Para orangtua banyak yang tidak dapat mengajukan pembuatan akun. 

Solusinya, Disdik DKI melakukan optimalisasi sistem dengan menutup sementara pengajuan akun pada hari ini pukul 16.00-18.00 WIB. Pengajuan pendaftaran akun pun diperpanjang hingga 10 Juni pada pukul 14.00 WIB yang sebelumnya ditutup pada 9 Juni. (OL-7)

BERITA TERKAIT