07 June 2021, 14:30 WIB

Dishub Sebut Peminat Road Bike Bertambah


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

MI/ANDRI WIDIYANTO
 MI/ANDRI WIDIYANTO
 Sejumlah pengguna sepeda road bike melintas di Jalan Layang Non Tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang, Jakarta

DINAS Perhubungan DKI Jakarta sebut pesepeda Road Bike yang menggunakan jalur khusus bertambah setiap pekannya. Hal itu diketahui dari pemantauan petugas di jalur khusus Road Bike yang disediakan di Jalan Layang Non Tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang setiap Sabtu-Minggu pukul 05.00-08.00 WIB.

"Tetapi sebagai ilustrasi bahwa pada Minggu kemarin dari setiap uji coba ada tiga kali uji coba terjadi peningkatan pengguna Road Bike yang signifikan," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Jakarta, Senin (7/6).

Yaitu pada hari pertama uji coba yakni 22-23 Mei terdapat 1.666 pesepeda Road Bike yang melintas di JLNT. Angka itu meningkat 77% pada uji coba kedua yaitu menjadi 2.499 pesepeda pada 29-30 Mei.

Baca juga: Anies Siapkan Kepgub Lintasan Road Bike, Bikers Diminta Tertib

"Uji coba pesepeda kemarin pada 6 juni kembali meningkat menjadi 4.005 pesepeda yang masuk kawasan ini atau sebenyak 60,3% peningkatannya," jelasnya.

Sementara itu, Syafrin mengimbau agar pesepeda non Road Bike harus menggunakan jalur paling kiri. Pihaknya juga sudah melakukan uji coba Road Bike masuk jalur campuran di Jalan Jenderal Sudirman-Jalan MH Thamrin hari ini pukul 05.00-06.30 WIB.

"Perhitungan bahwa pada jam tersebut volume lalin di kawasan ini masih relatif rendah dan memadai untuk mereka beraktifitas untuk bersama-sama dengan pengguna jalan bermotor," tukasnya. (OL-4)

VIDEO TERKAIT :

BERITA TERKAIT