04 June 2021, 13:36 WIB

Anies Usul Ada Insentif Bagi Karyawan yang Bike to Work


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

MI/Ramdani
 MI/Ramdani
Pekerja menggunakan sepeda dan membawa poster imbauan mengajak bersepeda menuju kantor

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta terus mengembangkan program sepeda sebagai alat transportasi bagi warga untuk mengurangi kemacetan sekaligus mengurangi polusi udara.

Minat masyarakat terhadap aktivitas bersepeda baik untuk olahraga, rekreasi, hingga transportasi cukup meningkat tajam selama pandemi covid-19.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun mengusulkan agar perusahaan dapat mendukung kebijakan ini salah satunya dengan memberikan insentif bagi karyawannya yang bersepeda ke kantor untuk melecut semangat agar lebih banyak lagi karyawan yang tertarik menggunakan sepeda untuk bertransportasi.

"Misal insentif kredit sepeda diberikan, subsidi premi asuransi diberikan, kemudahan di dalam mereka berkegiatan di kantor, sehingga ada insentif tambahan untuk menggunakan sepeda. Jadi kita berkepentingan sama-sama untuk membuat warga lebih sehat, kotanya lebih bersih dan nantinya kita akan merasakan suasana kota urban yang secara umum kondisinya lebih sehat," kata Anies dalam agenda peringatan Hari Sepeda Internasional di Kementerian Perhubungan, Jumat (4/6).

Selain itu, bila karyawan tak mampu melakukan 'bike to work', Anies meminta agar perkantoran mampu menyediakan sepeda bagi karyawan untuk berpergian semisal rapat di kantor atau lokasi lain.

"Kami mendorong sekali kegiatan sepeda ini dan kalau boleh usul kalau pun belum bisa ke kantor naik sepeda di kantor siapkan sepeda untuk pergi makan siang ,naik sepeda pergi meeting yang dekat, naik sepeda kegiatan-kegiatan jarak pendek pakai sepeda," tambahnya.

"Kami ingin agar ikhtiar ini semua meluas mudah-mudahan apa yang dikerjakan di Jakarta bisa dirasakan juga manfaatnya bagi masyarakat luar Jakarta yang datang ke sini. Harapannya juga bisa makin banyak di Indonesia yang mau menggunakan sepeda sebagai alat transportasi bukan hanya sebagai alat olahraga," kata Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Baca juga: Komunitas Bike To Work Dorong Tuntaskan Pembangunan Jalur Sepeda

Menurutnya, mengampanyekan sepeda sebagai alat transportasi memang tidak mudah. Karena, bukan hanya aktivitas dan kebiasaan masyarakat yang harus diubah tetapi ia juga cara pandang masyarakat dalam bermobilitas.

"Kita berharap sekali dunia hidup lebih sehat untuk kota lebih bersih ditopang dengan lebih banyak pejalan kaki, lebih banyak pesepeda. Jakarta sedang bekerja menuju arah sana. Semoga ikhtiar ini bisa tercapai seperti harapan," tuturnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT