03 June 2021, 13:17 WIB

Kapolda Metro Beri Penghargaan Petugas Pos Penyekatan Mudik


Rahmatul Fajri | Megapolitan

ANTARA FOTO/ Reno Esnir
 ANTARA FOTO/ Reno Esnir
Petugas gabungan melakukan pengecekan kendaraan saat penyekatan larangan mudik lebaran 2021 di sekitar Pasar Jumat, Lebak Bulus, Jakarta.

KAPOLDA Metro Jaya Irjen Fadil Imran memberi penghargaan kepada petugas Polri, TNI, dan tenaga kesahatan yang bertugas di pos penyekatan dan swab antigen selama larangan mudik Lebaran 2021.

Fadil memberikan sertifikat penghargaan kepada 149 personel yang terdiri dari 88 personel Polda Metro Jaya , 50 TNI, dan 11 mitra kesehatan.

Fadil mengatakan penghargaan itu diberikan karena para petugas tersebut menjadi garda terdepan dalam penanganan pandemi Covid-19 di Jakarta dan sekitarnya.

"Mereka tidak mengenal wajutal, tidak mengenal cuaca. Hujan dan panas mereka tetap menjaga perbatasan Jakarta dan melayani masyarakat yang hendak mudik dengan memeriksa surat bebas covid-19," kata Fadil di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (3/6).

Fadil mengatakan terdapat 45.533 pemudik yang telah menjalani tes swab antigen selama operasi penyekatan larangan mudik 2021 terhitung dari 16 hingga 31 Mei 2021. Pengetesan itu dilakukan di 14 titik penyekatan dan yang berbasis di komunitas RT/RW. Dari pengetesan itu, diketahui 933 orang yang reaktif pada arus balok lebaran.

"Kita berhasil menjaring 933 kasus positif pasca-arus balik dari titik penyekatan maupun di basis komunitas. Setidaknya, Hal ini bisa meminimalisir laju penyebaran virus Covid-19 dibwilayah Polda Metro Jaya dan sekitarnya," kata Fadil.

Fadil menegaskan, upaya yang dilakukan para petugas tersebut mampu mengendalikan laju penyebaran Covid-19 di Jakarta dan sekitarnya.

"Alhamdulillah hingga saat ini angka penambahan kasus positif covid-19 di DKI dan sekitarnya relatif dapat dikendalikan meski sempat naik. Namun saat ini sudah menunjukan adanya perbaikan," kata Fadil. (Faj/OL-09)

BERITA TERKAIT