03 June 2021, 12:16 WIB

Saran Anies untuk Semua Pengguna Jalan: Saling Menghormati


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

ANTARA FOTO/Dhemas R
 ANTARA FOTO/Dhemas R
Pesepeda memacu kecepatan saat melintas di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta,

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan bersepeda dari kediamannya di Lebak Bulus melewati Jalan Jenderal Sudirman bersama Komunitas Bike to Work Indonesia pagi ini dalam rangka memperingati Hari Sepeda Internasional.

Dalam kesempatan tersebut, Anies berpesan kepada masyarakat agar saling menghormati di jalan raya. Hal ini dikatakannya kala menjawab pertanyaan awak media terkait ramainya peminat Road Bike di ibu kota sampai mengundang konflik dengan pengguna jalan lainnya.

Menurut Anies, baik pesepeda, pejalan kaki, dan pengguna kendaraan bermotor harus saling menghormati hak dan kewajibannya di jalan raya.

"Semua ingin pesepeda dan kendaraan bermotor saling menghormati. Saling mengikuti aturan," kata Anies di Bundaran Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (3/6).

Semua pengguna jalan harus menomorsatukan keselamatan sehingga ketika berada di jalan raya, masing-masing pihak tidak akan saling bergesekan.

"Kalau pengguna jalan tuh dari mana sih mulainya? Dari jalan kaki, pengendara sepeda, pengendara kendaraan bermotor, itu semua adalah pengguna jalan. Karena itu saling hormati, ikut ketentuan yang ada, insya Allah perjalanan dari satu tempat ke tempat lainnya selamat," tukasnya.

Baca juga: Soal Polemik Road Bike, Pengamat: Jalan Raya bukan untuk Balapan

Sebelumnya, kebijakan Pemprov DKI memperbolehkan pesepeda Road Bike memiliki jalur khusus setiap pagi di akhir pekan di Jalan Layang Non Tol Kampung Melayu-Tanah Abang menuai reaksi kontra. Reaksi kontra tidak hanya datang dari para ahli yang menyebut jalur tersebut berbahaya karena terlalu tinggi, namun juga datang dari DPRD DKI yang menyebut hal tersebut sebagai diskriminasi terhadap pengguna jalan lain. Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Justin Untayana meminta agar Pemprov DKI membenahi jalur sepeda yang ada ketimbang menyediakan jalur sepeda khusus di waktu tertentu.(OL-5)

BERITA TERKAIT