11 May 2021, 15:25 WIB

9 TPU di Jakut Ditutup 4 Hari untuk Kegiatan Ziarah Lebaran 2021


Selamat Saragih | Megapolitan

Antara
 Antara
Warga berziarah di makam keluarganya di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Keputih, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (11/4/2021).

SEBANYAK sembilan Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Jakarta Utara akan ditutup sementara untuk kegiatan ziarah mulai Rabu (12/5) hingga Minggu (16/5). Hal ini untuk mencegah kerumunan dan menekan penyebaran Covid-19.

"Ada sembilan TPU di Jakarta Utara yang akan ditutup sementara untuk kegiatan ziarah,"  kata Kasudin Pertamanan dan Hutan Kota Kota Administrasi Jakarta Utara, Elly Sugestianingsih, dalam keterangannya, di Jakarta, Selasa (11/5).

Di antaranya meliputi 9TPU Semper, TPU Kampung Mangga, TPU Plumpang, TPU Tegal Kunir, TPU Sungai Bambu, TPU Malaka I, TPU Malaka IV, TPU Jembatan Sampi dan TPU Rorotan.

Elly menjelaskan, kebijakan tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menekan risiko penularan kasus Covid-19.

Hal itu juga mengacu pada Seruan Gubernur Nomor 5 Tahun 2021 tentang pengendalian aktivitas masyarakat dalam pencegahan penyebaran Covid-19 pada masa libur Idul Fitri 1442 H.

"Dikhawatirkan, kedatangan peziarah di waktu yang bersamaan akan menimbulkan kerumunan dan itu sangat berisiko. Kami harap masyarakat yang ingin berziarah ke makam keluarganya di TPU bisa mengerti dan memahaminya," harap Elly.

Walau begitu, Elly menambahkan, untuk pelayanan proses pemakaman akan tetap dibuka dan berjalan seperti biasanya.

"Kami juga memberlakukan piket bagi ASN dan PJLP di sejumlah TPU untuk melayani kebutuhan masyarakat," ujar Elly.

"Petugas akan tetap siaga untuk mengantisipasi apabila ada warga yang hendak mengurus proses pemakaman di masa libur lebaran," ujarnya.(OL-13)

Baca Juga: Lolos Penyekatan, Dua Pemudik Solo Terjaring Tim Jogo Tonggo

BERITA TERKAIT