02 May 2021, 18:39 WIB

Polisi Pulangkan 22 Terduga Anarko dalam Demo Buruh


Rahmatul Fajri | Megapolitan

Antara
 Antara
Sejumlah buruh berunjuk rasa di depan gedung Pemda Karawang, Jawa Barat.

POLDA Metro Jaya telah memulangkan 22 orang yang diduga merupakan anarko dalam aksi unjuk rasa memperingati Hari Buruh pada Sabtu (1/5) lalu.

Mereka dipulangkan setelah dilakukan pendataan dan pemeriksaan, serta memberikan edukasi. "Kita periksa kita data, kemudian kita sosialisasi. Mereka sudah kita pulangkan," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat dihubungi, Minggu (2/5).

Berdasarkan pemeriksaan awal, polisi mengerucutkan menjadi delapan orang yang diduga sebagai anarko. Kemudian, dari delapan orang tersebut, kepolisian kembali mengerucutkan menjadi dua orang. Hal ini berdasarkan sejumlah yang ditemukan oleh kepolisian.

Baca juga: Menaker Ida Minta May Day Diisi dengan Kegiatan Positif

Salah satunya, lambang anarko berbentuk huruf A dengan lingkaran di dalam tas mereka. Yusri mengatakan kelompok anarko itu mengajak untuk berbuat rusuh pada Hari Buruh.

"Kemudian dia punya chat, Instagram ngajak semua, ngajak anarko untuk bergabung dengan buruh," jelas Yusri.

Sebelumnya, dia membenarkan ada 22 orang terduga anarko yang diamankan dalam aksi unjuk rasa peringatan Hari Buruh di Jakarta. Mereka diduga akan berbuat rusuh. "Seperti biasa, ada dugaan mau buat kerusuhan. Makanya kita amankan," tandasnya.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT