27 April 2021, 17:30 WIB

Sejumlah Akun Medsos Diduga Jadi Pemicu Jakmania Konvoi


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Megapolitan

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
 ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Konvoi Jakmania

SEJUMLAH akun media sosial diduga sengaja mengajak suporter Persija yang kerap disebut The Jakmania untuk berkonvoi di bundaran Hotel Indonesia usainya tim kesayangannya juara Piala Menpora 2021.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan pihaknya tengah memburu pengelola atau admin akun beberapa media sosial tersebut.

Yusri menyebut Polda Metro Jaya sudah memprofiling beberapa akun medsos tersebut. Meski begitu, dirinya belum mau merinci akun-akun medsos yang dimaksud. Pasalnya, hal tersebut dikhawatirkan bisa membuat mereka melarikan diri.

"Di medsoslah (IG dan Twitter), saya belum berani ngomong kalau mereka belum diamankan, nanti takutnya kabur. Kami memang sedang susuri akun-akun media sosial yang diduga mengajak (suporter Persija) sehingga timbulkan kerumunan," paparnya di PMJ, Jakarta, Selasa (27/4).

"Ya teridentifikasi ada beberapa akun yang menjadi aktor dan menyuruh mengajak mereka. Masih kita dalami," sambungnya.

Baca juga: Polisi Buru Aktor yang Memprovokasi Kerumunan Jakmania

Yusri menegaskan bahwa beberapa akun tersebut harus bertanggung jawab atas kerumunan yang terjadibdi tengah pandemi.

Pasalnya, mereka diduga membuat status atau postingan yang mengajak berkumpul. Pemburuan dilakukan oleh tim virtual police Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya. Sejauh ini, empat saksi diperiksa guna memburu aktor yang memprovokasi terjadi kerumunan.

"Apakah ada indikasi mereka mengajak massa yang lain. Ini ditangani teman-teman dari Krimsus Polda Metro Jaya. Mudah-mudahan dari sini bisa berkembang sampai kepada siapa yg menyuruh sebagai aktor, untuk mengumpulkan massa ke sana dengan mengundang melalui media sosial ini," ungkapmya.

Sebelumnya, oknum suporter Persija Jakarta maupun Persib Bandung mencoreng kesuksesan penyelenggaraan turnamen Piala Menpora 2021.

Aksi suporter Persija Jakarta yang turun ke jalan merayakan kemenangan, serta fans Persib Bandung yang melakukan aksi, disayangkan sejumlah pihak, termasuk Menpora Zainudin Amali.

Zainudin prihatin karena selama ini berbagai imbauan telah dilakukan dan suporter dari 17 tim yang berlaga di turnamen pramusim sudah menyatakan komitmennya bahkan hingga di babak final terakhir pada Minggu (25/4). (OL-4)

BERITA TERKAIT