01 April 2021, 16:08 WIB

Hasil Jual Saham Bir Dapat Dukung BUMD Pangan dan Transportasi


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

Antara/M Agung Rajasa.
 Antara/M Agung Rajasa.
Tangan pembeli memilah minuman beralkohol di salah satu minimarket di Jakarta beberapa waktu lalu.

WAKIL Ketua Dewan Riset Daerah DKI Jakarta Sunarsip menyebut hasil penjualan saham milik Pemprov DKI Jakarta di PT Delta Djakarta Tbk harus digunakan untuk investasi lain. Pasalnya, hasil penjualan saham dari perusahaan menurut prosedur kebijakan fiskal yang ditetapkan oleh pemerintah pusat termasuk bentuk penerimaan pembiayaan dalam postur APBD.

Untuk itu, penerimaan pembiayaan hanya bisa digunakan untuk pengeluaran pembiayaan. Pengeluaran pembiayaan dalam postur anggaran di Indonesia hanya diperbolehkan untuk membiayai program yang nanti menghasilkan keuntungan seperti investasi di badan usaha milik daerah (BUMD).

"Karena termasuk penerimaan pembiayaan, jika akan digunakan lagi harus dialokasikan ke pos pengeluaran pembiayaan. Pengeluaran pembiayaan bentuknya apa? Bentuknya bisa penyertaan modal daerah atau PMD," kata Sunarsip dalam diskusi virtual bertajuk Saham Miras Di Tengah Kriminalitas Mengganas Perlukah Dilepas?, Kamis (1/4).

Ia menyarankan alokasi pengeluaran pembiayaan hasil dari penjualan saham di PT Delta Djakarta diperuntukkan bagi BUMD yang bergerak di bidang strategis untuk menopang kebijakan Pemprov DKI semisal BUMD yang bergerak di sektor pangan. Seperti diketahui, DKI sangat ketergantungan pasokan bahan pangan dari luar karena tidak memiliki sumber daya yang cukup. "Salah satu pilihannya mengalokasikannya untuk PMD kepada sektor pangan demi memperkuat pangan di DKI," jelas Sunarsip.

Di samping itu, hasil penjualan saham itu juga dapat digunakan untuk mendukung BUMD di sektor transportasi. Pemprov DKI Jakarta memiliki tiga BUMD induk yang bergerak di bidang transportasi yakni PT MRT Jakarta, PT Trans-Jakarta, dan PT LRT Jakarta.

Ketiga BUMD itu memerlukan dana PMD terus-menerus setiap tahun untuk dikembalikan lagi kepada masyarakat dalam bentuk subsidi tarif. "Ketiga BUMD transportasi ini juga masih terus melakukan pengembangan-pengembangan baik rute, armada, maupun pengembangan lain," ungkapnya.

Sunarsip mengatakan, Pemprov DKI Jakarta dapat meraih dana hingga Rp800 miliar dari hasil penjualan saham PT Delta Djakarta Tbk saat ini. Tapi, ia merekomendasikan agar penjualan saham itu bisa dilakukan nanti saat harga saham kembali bangkit. Saat ini nilai saham perusahaan di Indonesia mayoritas sedang merosot akibat pandemi. (OL-14)

BERITA TERKAIT