23 March 2021, 20:04 WIB

Wagub DKI: Modus Mafia Tanah Kian Canggih


Putri Anisa Yuloani | Megapolitan

Antara
 Antara
Ilustrasi

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau yang akrab disapa Ariza mengungkapkan, modus operandi mafia tanah semakin canggih.

Banyak warga yang sudah tertipu dan dirugikan akibat keberadaan mereka. Namun demikian, ia menegaskan pemerintah tidak boleh kalah dalam menghadapi tindakan kriminal tersebut.

"Memang semakin bertahun-tahun polanya semakin canggih, semakin pintar, tentunya kami sebagai pemerintah juga tidak boleh kalah dengan mafia tanah," kata Ariza di Balai Kota, Selasa (23/3).

Dari sisi pemerintah baik daerah maupun pemerintah pusat terus berupaya untuk menyesuaikan regulasi yang ada.Regulasinya dapat mencakup kepastian dalam hal kepemilikan tanah hingga pengamanan aset tanha.

Regulasi ini akan terus diperbaiki sesuai dengan perkembangan zaman termasuk soal sanksi.

"Regulasinya terus kita revisi, kita sempurnakan, aparatnya kita hadirkan. Yang paling penting adalah kemampuan kita untuk melakukan pengecekan, penelitian, kajian dan sebagainya sampai nanti berakhir pada penindakan dan pemberian sanksi itu juga penting. Jadi kami berkomitmen bersama aparat Pemprov DKI Jakarta," ujarnya.

Di sisi lain, politikus Partai Gerindra itu meminta agar masyarakat dapat turut berperan memberantas mafia tanah maupun penyerobotan aset tanah. Jika melihat adanya hal tersebut, berbagai pihak diminta untuk melaporkannya kepada aparat yang berwenang.

"Tentu masyarakat juga kami mohon dukungannya. Ormas juga boleh terlibat memberikan informasi kalau dirasa diketahui ada tanah milik siapapun pribadi, badan hukum, dan sebagainya yang diserobot, dikuasai, tidak sesuai dengan aturan dan ketentuan, silahkan lapor secara langsung maupun tidak langsung, kami akan bekerja sama dengan aparat hukum untuk menindaklanjuti," ujarnya. (OL-8)

 

BERITA TERKAIT