18 March 2021, 20:25 WIB

Wagub DKI Sebut Banyak Peminat Saham Delta Jakarta


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

Antara/M Agung Rajasa.
 Antara/M Agung Rajasa.
Sejumlah minuman berjajar di dekat stiker pemberitahuan pembelian alkohol hanya untuk di bawa pulang di salah satu minimarket, Jakarta.

BANYAK pihak yang berminat untuk membeli saham di PT Delta Djakarta. Untuk itu, tidak akan sulit menjual saham yang dimiliki Pemprov DKI Jakarta di perusahaan produsen minuman beralkohol itu.

"Banyak sebetulnya yang mengantre, banyak sebetulnya yang mengantre ingin beli. Jadi kami serahkan kebijaksanaan pada pimpinan, anggota DPRD yang saya kira sangat mengerti dan bijaksana bagaimana mencari solusi terkait masalah saham PT Delta," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau yang akrab disapa Ariza di Balai Kota, Kamis (18/3).

Pihaknya pun sedang mematangkan kajian penjualan saham yang dimiliki Pemprov DKI Jakarta di PT Delta Djakarta Tbk. Diketahui, Pemprov DKI Jakarta memiliki saham sebesar 26,25% di perusahan produsen bir tersebut hasil hibah dari pemerintah pusat. Upaya ini dilakukan agar DPRD dapat menyetujui langkah Pemprov DKI untuk menjual saham tersebut guna memenuhi janji kampanye Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Kami dan Pak Gubernur rapat internal dan kami sudah meneruskan ke DPRD. Kami tunggu DPRD sudah menyampaikan minta kajian. Kajiannya sedang disiapkan, segera akan disampaikan. Nanti akan didiskusikan," jelas politikus Partai Gerindra itu.

Ia menegaskan jika kajian itu sudah dikirimkan, legislatif akan membahasnya sesuai prosedur yakni melalui agenda rapat. Dalam pembahasan akan dicarikan solusi terbaik bagi keberadaan saham tersebut.

Ariza sendiri pernah menjelaskan bahwa alasan Anies ingin menjual saham di PT Delta Djakarta Tbk yaitu agar Pemprov DKI menjadi regulator murni dan tidak memiliki peran sebagai penjual. Dengan masih memiliki saham, Pemprov DKI dinilai Anies masih memiliki peran dalam penjualan minuman beralkohol.

"Kami percaya pimpinan DPRD, pimpinan komisi, anggota seluruhnya akan membahasnya bersama-sama dan mencarikan solusi yang terbaik terkait PT Delta yang memang sudah menjadi visi misi Anies-Sandi ketika itu," ujarnya.

Di sisi lain, di DPRD DKI baru Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang secara serius memberikan dukungan agar dapat terselenggara agenda rapat pembahasan penjualan saham Pemprov DKI di PT Delta Djakarta Tbk. Permohonan penyelenggaraan rapat itu dilakukan melalui pengiriman surat permohonan oleh Fraksi PKS. (OL-14)

BERITA TERKAIT