12 March 2021, 12:54 WIB

Ragunan Mulai Buka Besok, Kuota Pengunjung Hanya 50 Persen


Hilda Julaika | Megapolitan

ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
 ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Pengunjung berjalan di kawasan Kebun Binatang Ragunan, Jakarta

TAMAN Margasatwa Ragunan akan membuka operasionalnya besok, Sabtu (13/3). Dengan penambahan kuota pengunjung menjadi 50% dari kapasitas. Adapun total kapasitas pengunjung di Ragunan yang diperbolehakan mencapai 5 ribu orang. Jam operasionalnya dimulai dari pukul 07.00 WIB hingga 14.30 WIB.

“Jadi mulai besok tanggal 13 Maret 2021 ragunan sudah dibuka kembali pelayanan untuk umum,” kata Kepala Satuan Pelaksana Promosi Taman Margasatwa Ragunan Ketut Widarsana, Jumat (12/3).

Adapun di masa PPKM Mikro ini, warga dari luar Jakarta sudah dibolehkan mengunjungi Taman Margasatwa yang berlokasi di Ragunan ini. Pada masa PSBB lalu hanya warga DKI Jakarta yang dibolehkan berkunjung.

Untuk proses registrasi dan tiket dilakukan secara online. Adapun saat berkunjung ke Ragunan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Yang bertambah sekarang juga semua semua wahana sudah dibuka. Kalau waktu itu tempat bermain, pusat primata ditutup sekarang sudah dibuka,” imbuhnya.

Baca juga: 6.535 Wisatawan Kunjungi Ragunan Selama Libur Panjang

Ketut juga berujar dengan total 5 ribu kapasitas ini termasuk jumlah dalam skala aman, karena dari catatannya, jumlah tertinggi pengunjung yang pernah ada mencapai 160 ribu waktu lebaran. Sementara untuk hari biasa bisa mencapai 50 ribu. Pada saat melonjak seperti waktu libur, pihak Ragunan biasanya akan menambah petugas pengawasan.

“Tapi kalau masih 5 ribu kami tidak perlu menambah tenaga pelayanan. Cukup pelayanan dari petugas yang ada saja sudah bisa meng-cover atau meng-handle itu. Karena 5 ribu itu masih di bawah dari biasanya,” pungkasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT