10 March 2021, 17:32 WIB

Golkar Sayangkan Pimpinan DPRD DKI Ganjal Pelepasan Saham Bir


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

MI/ Putri Anisa Yuliani.
 MI/ Putri Anisa Yuliani.
Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD DKI Jakarta Basri Baco.

KETUA Fraksi Partai Golkar Basri Baco menyesalkan rencana Pemprov DKI Jakarta yang hendak menjual saham di PT Delta Djakarta Tbk tapi belum jua terlaksana hingga kini. Kebijakan itu belum dapat dilaksanakan karena adanya ketidaksetujuan dari pimpinan DPRD DKI.

Padahal, menurut anggota Komisi E DPRD DKI itu, dalam memutuskan suatu kebijakan bukan didasarkan pada pandangan orang per orang melainkan harus diputuskan bersama melalui rapat terbuka, dalam hal ini rapat paripurna.

"Perlu saya sampaikan kepada mereka yang sampai saat ini menolak bahwa yang tercantum ialah persetujuan DPRD DKI Jakarta. Artinya apa? Persetujuan sembilan fraksi dan 106 anggota DPRD, bukan persetujuan orang per orang, bukan hanya pimpinan. DPRD ini bukan milik pimpinan dewan tapi milik semua anggota dewan yang berada di DKI Jakarta," kata dia di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (10/3).

Untuk itu, ia meminta agar ada rapat terbuka yang diselenggarakan untuk memutuskan pelepasan saham di perusahaan produsen minuman beralkohol itu.

Baca juga: Dukung Pelepasan Saham Bir, Fraksi Golkar: Jangan Sampai Ada Mafia

 

"Kalau ada pihak-pihak atau pimpinan menolak menjual, secara pribadi, tidak berhak menolak selama prosesnya belum dilakukan di DPRD. Seharusnya kita bikin paripurna atau bikin pleno atau semacamnya minta tanggapan semua fraksi. Kalau mayoritas fraksi tidak mau menjual, dengan berbagai alasan, kami tidak bisa apa-apa. Kami menyerahkan mekanisme dewan," tegasnya.

Ia berharap tidak ada pihak yang secara subjektif menolak kebijakan dengan mengatasnamakan seluruh anggota legislatif. "Marwah anggota dewan harus dipertahankan. Kolektif kolegial sembilan fraksi itu yang menentukan arah dewan bersikap bukan orang per orang," tukasnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT