11 February 2021, 16:53 WIB

Kunjungi Panti Asuhan, Wagub DKI Pastikan Prokes Berjalan Baik


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

Dok.MI
 Dok.MI
Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. 

WAKIL Gubernur (Wagub) Provinsi DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau yang akrab disapa Ariza mengunjungi tiga panti sosial milik Pemprov DKI Jakarta di Cipayung, Jakarta Timur pada Kamis (11/2).

Kunjungan tersebut dalam rangka memastikan penerapan protokol kesehatan untuk menekan penyebaran virus Covid-19 dan memantau pelayanan tetap berjalan optimal meski di tengah pandemi. Ketiga panti tersebut yakni Panti Sosial Asuhan Anak Balita Tunas Bangsa, Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulya 1, dan Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa.

Dalam kunjungannya tersebut Ariza memastikan pelayanan panti berjalan dengan baik dan menerapkan protokol kesehatan. 

"Saya bersyukur bisa berkunjung ke panti ini dalam rangka memenuhi masukan teman-teman di DPRD DKI untuk selalu melakukan pengecekan. Kita memiliki 29 panti, anak umur 0 sampai 1 tahun sampai dengan lansia. Para penghuni kami bimbing menerapkan 3M. Misalnya lansia saat duduk, berjemur, tetap menggunakan masker, menjaga jarak," ungkapnya, Kamis (11/2).

Sementara itu, Plh Kepala Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulya 1 Ucu Rahayu menyatakan, meski sedang pandemi, pelayanan bagi para penghuni panti sosial tetap dioptimalkan. Berbagai kegiatan tetap berjalan dengan penerapan protokol kesehatan covid-19. Misalnya latihan menari yang sempat disaksikan Ariza dalam kunjungan tersebut.

Ketiga panti sosial milik Pemprov DKI tersebut menampung total sekitar 8.000 orang, di mana 40% dari total tersebut bukan merupakan warga Jakarta.

Di panti-panti itu, para penghuni mendapat makan, pakaian, juga pendidikan yang layak sesuai standar. Panti sosial juga menangani psikotik, yakni orang yang mengalami gangguan kejiwaan.

"Mudah-mudahan masyarakat memberikan kepedulian. Membantu panti asuhan. Syukur-syukur juga ada yang mendirikan panti asuhan mandiri atau swasta untuk meringankan beban kita semua," ujarnya. (Put/OL-09)

BERITA TERKAIT